Oleh: Abi Ananda Rasyid | November 28, 2009

Buku Landslides (new)


Prakata

Bismillahirrohmanirrohimi

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

 

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah Yang Maha Agung, Tuhan Semesta Alam. Dia telah menurunkan tanda-tanda kekuasaannya baik melalui ayat-ayat kauniyah maupun kauliyah. Semua itu tentunya menjadi pelajaran yang baik bagi orang-orang yang mau berfikir dan menggunakan akalnya.

Sebagai ungkapan rasa syukur atas karunia-Nya, buku berjudul Tanah Longsor: Analisis – Prediksi – Mitigasi ini dapat diselesaikan. Penyusunan buku ini terinspirasi dari rangkaian kejadian tanah longsor di tanah air. Indonesia dengan karakteristik wilayah yang terdiri atas dataran tinggi dan rendah, curah hujan yang relatif tinggi, dan berada pada rangkaian “ring of fire” sangat rentan terhadap kejadian tanah longsor. Setidaknya terdapat 918 lokasi rawan longsor di Indonesia. Kerugian yang ditanggung akibat bencana tanah longsor sekitar Rp 800 miliar, sedangkan jiwa yang terancam sekitar 1 juta setiap tahunnya. Oleh karenanya, wilayah Indonesia memiliki tingkat risiko yang tinggi terhadap bencana tanah longsor. Salah satu usaha untuk mengurangi risiko bencana adalah dengan meningkatkan kapasitas. Buku ini adalah sebagai upaya untuk menambah pengetahuan masyarakat tentang tanah longsor guna meningkatkan kapasitas tersebut.

Secara konseptual, kejadian tanah longsor dapat ditinjau dari beberapa disiplin ilmu seperti geografi, geologi, ilmu tanah, geodesi, dan sebagainya. Sehingga, kajian tanah longsor memerlukan kajian multidisiplin. Pada ranah akademik, buku ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa, peneliti, praktisi guna memahami proses, mekanisme, analisis dan prediksi, mitigasi, instrumentasi, dan analisis risiko bencana tanah longsor dalam perspektif disiplin geoteknik dan ketekniksipilan. Dalam matakuliah di Program Strata-1 Teknik Sipil, bahasan Tanah Longsor merupakan bagian kecil dari pokok bahasan Analisis Stabilitas Lereng dalam matakuliah Mekanika Tanah, atau menjadi matakuliah pilihan. Sehingga bagi mahasiswa materi yang diberikan masih sangat terbatas untuk bekal terjun di jasa konstruksi. Pada kebanyakan praktek, teknik mitigasi tanah longsor lebih banyak dilakukan daripada pencegahan dini bahaya tanah longsor. Sedangkan pada ranah penelitian, kajian tentang prediksi dan pemodelan stabilitas lereng serta analisis risiko lebih banyak dilakukan. Dewasa ini, pemodelan tanah longsor ini telah banyak dikombinasikan dengan sistem informasi geografis (SIG) sebagai media penyajian yang lebih menarik.

Dalam penyusunan buku ini, penulis sedapat mungkin menambahkan hasil-hasil kajian terkini yang bersumber dari jurnal dan hasil penelitian. Buku ini disusun dari tujuh Bab yang terdiri atas Bab I tentang penjelasan umum kejadian tanah longsor, Bab II yang berisikan tipikal, proses, dan mekanisme tanah longsor, Bab III yang menguraikan ambang hujan dan peringatan dini, Bab IV tentang analisis stabilitas lereng, Bab V menjelaskan tentang integrasi model hidrologi dan stabilitas lereng, Bab VI menuliskan tentang instrumentasi dan teknik mitigasi, dan analisis risiko bencana tanah longsor dituliskan dalam Bab VII. Sehubungan dengan beberapa istilah asing yang terkadang kesulitan untuk dicari padanan katanya dengan Bahasa Indonesia, maka penulis tetap menyajikannya dalam bahasa asing tersebut. Guna lebih memahami pokok bahasan dalam buku ini diberikan contoh-contoh permasalahan dan penyelesaiannya. Secara keseluruhan buku ini memiliki tujuan instruksional sebagai berikut:

  1. dapat memahami tipikal, proses, dan mekanisme tanah longsor.
  2. dapat memahami pemodelan ambang hujan yang digunakan untuk evaluasi kejadian tanah longsor.
  3. dapat memahami prinsip pemodelan fisika tanah longsor yang mengintegrasikan model hidrologi dan stabilitas lereng.
  4. dapat memahami prinsip-prinsip analisis stabilitas lereng dengan metode deterministik dan probabilistik.
  5. dapat mengetahui dan menerapkan prinsip-prinsip instrumentasi tanah longsor.
  6. dapat mengetahui prinsip teknik mitigasi tanah longsor.
  7. dapat memahami dasar-dasar analisis risiko bencana tanah longsor.

Buku ini disusun melalui proses yang cukup panjang. Banyak bahan rujukan jurnal ilmiah internasional diperoleh ketika penulis menempuh pendidikan Strata-3. Sebagian bahan penulisan buku ini diambilkan dari hasil penelitian pada saat mengikuti program Post-Doctoral. Sebagai akhir dari pengantar ini, walaupun buku ini telah disusun dengan sebaik mungkin, bukan berarti luput dari kekurangan dan kesalahan. Untuk itu segala bentuk kritik dan saran akan diterima dengan lapang dada oleh penulis guna perbaikan mutu buku ini. Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan terima kasih atas bantuan para guru dan dosen penulis yang telah memberikan teladan sebagai guru dan dosen prosefional. Terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Kabul Basah Suryolelono, Dip.H.E., D.E.A., Ir. Sutojo Tjokrodihardjo (almarhum), Ir. Gendut Hantoro, M.T. (almarhum), dan dosen-dosen di Jurusan Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta yang telah memberikan teladan dan motivasi kepada penulis untuk menyelesaikan buku ini. Ucapan terima kasih disampaikan pula kepada Saudara Ario Muhammad, S.T. (mahasiswa program Master di NTUST, Taiwan) yang telah membantu menyiapkan beberapa bagian naskah. Terima kasih yang tak terhingga pula atas dukungan yang diberikan oleh isteri R. Suprayanti, dan anak-anak tersayang: Rahma, Rasyid dan Rafid, serta orang tua terhormat: Harjono dan Kustiyah. Akhirnya, semoga buku ini bermanfaat dan mendapat berkah dari Allah SWT.

Dr.Eng. Agus Setyo Muntohar, S.T., M.Eng.Sc.

Untuk:

        Agama-ku, Bangsa-ku, Muhammdiyah-ku, Ibu-Bapak-ku, Isteri dan Anak-Anak-ku

 Sample: Cover, Bab I_Pendahuluan


Responses

  1. assalamualaikum w.w.

    saudara yang boleh ku panggil saudara semuslimku.

    Terima kasih diatas nukilan yang begitu padat dengan ilmu dan informatif buat tatapan pembaca.. blog saudara begitu bagus dan lantas memberikan motivasi buat ku membuat blog seumpamanya suatu masa di hadapan.

    akhirnya, tahniah buat saudara dan selamat terus berkongsi dalam nukilan.

    wassalam.

  2. ass wr wb
    Pak saya tertarik dengan isi buku tentang longsor ini, kalau ingin memilikinya bagaimana cara dan mendapatkannya. terima kasih
    wass wr wb


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: