Oleh: Abi Ananda Rasyid | Februari 5, 2008

Beasiswa DPU 2008 (New)


DPUSahabat,

Democratic Pacific Union atau DPU untuk tahun 2008 ini memberikan beasiswa untuk studi di Taiwan. Aplikasi beasiswa ini telah dibuka dan akan berakhir pada 31 Maret 2008.

Berikut persyaratan untuk aplikasi beasiswa DPU 2008:

Siapa saja yang boleh aplikasi?

  1. Semua calon mahasiswa terbaik dari negara anggota DPU (Indonesia salah satunya) diperbolehkan aplikasi beasiswa DPU untuk program Master atau Doktoral di Taiwan.
  2. Calon mahasiswa berkewarganegaraan Taiwan tidak diperkenankan.

 Apa saja persyaratannya? dan Apa saja yang harus dilampirkan dalam aplikasi?

1. Calon pelamar harus berkewarganegaraan dari salah satu negara anggota DPU. Pelamar sebaiknya direkomendasikan oleh:

a. Delegasi dari negara anggota DPU, atau
b. Anggota konggress/parlemen dari negara anggota DPU, atau
c. Kedutaan Besar, Konsulat, atau Kantor Perwakilan Taiwan di negara anggota DPU, atau
d. Kantor Sekretariat International DPU, atau
e. Rektor universitas di Taiwan atau universitas dari negara anggota DPU, atau
f. Mengusulkan secara perorangan.

2. Kemampuan bahasa Inggris: pelamar yang bukan bahasa Inggris sebagai bahasanya harus menyerahkan 1 copy nilai TOEFL.
3. Pelamar melampirkan 1 copy ijazah sarjana (untuk aplikasi program Master) dan copy ijazah sarjana dan master (untuk aplikasi program Doktoral). Bagi calom mahasiswa yang belum akan menerima ijazah sebelum bulan September 2008, harus menyerahkan surat keterangan lulus dan surat keterangan bahwa ijazah akan segera diberikan dari universitas.
4. Beasiswa ini diperuntukan bagi calon mahasiswa yang aplikasi program Master atau Doktoral di Taiwan.
5. Pada waktu yang bersamaan dengan aplikasi beasiswa ini, Calon mahasiswa seharusnya aplikasi program Master atau Doktoral ke universitas di Taiwan.

Berapa besarnya beasiswa yang diberikan?

1. Beasiswa program Master: diberikan untuk waktu 2 tahun sejumlah NTD30000 tiap bulan.
2. Beasiswa program Doktoral: diberikan untuk waktu 3 tahun sejumlah NTD30000 tiap bulan.

Beasiswa ini untuk biaya tuition fee dan living cost. Jadi bagi penerima beasiswa ini, hendaknya memperhatikan berapa tuition fee dan biaya lainnya yang harus dibayarkan ke universitas. Tiap universitas memiliki tuition fee yang berbeda. Penerima beasiswa juga akan mendapatkan biaya tiket pesawat pergi dan pulang untuk kelas ekonomi dari Jakarta ke Taiwan (Taoyuan International Airport atau Kaohsiung Internatioan Airport).

Berapa kuota beasiswa DPU 2008?

Untuk tahun 2008 ini, beasiswa DPU diperuntukan kepada 26 calon mahasiswa terbaik dari semua negara anggota DPU.

Kemanakah aplikasi dikiriman?

Seluruh formulir aplikasi dan lampirannya dikirimkan ke alamat berikut:

DPU International Secretariat Office
c/o Scholarship Program
12F-4 West Wing, No. 51 Heng-yang Road
Taipei 10045. Taiwan
Tel: + 886-2-2313-1028; Fax: + 886-2-2313-1172; Website: http://www.dpu.org.tw/

 Universitas-universitas manakah yang menawarkan English-speaking program?

Berikut ini list universitas-universitas yang menawarkan program dengan bahasa Inggris sebagai pengantarnya. Bagi yang telah fasih berbicara dan menulis serta membaca bahasa Mandarin dipersilahkan untuk mengambil program dalam bahasa Mandarin.

  1. National Taiwan University of Science and Technology (www.ntust.edu.tw): Department of Construction Engineering (M.S/Ph.D),Mechanical Engineering (M.S/ Ph.D), Chemical Engineering (M.S/Ph.D), Computer and Communication Networks (M.S), Computer Science and Information Engineering (M.S/Ph.D), Material Science and Technology (M.S/Ph.D), Automation and Control (M.S/Ph.D).
  2. National Central University (www.ncu.edu.tw): Department of Environmental Sustainable Development (M.S), Physics (M.S/Ph.D), Life Science (Ph.D), Astronomy (M.S/Ph.D), Hydrological Sciences (Ph.D).
  3. National Chengchi University (www.nccu.edu.tw): Department of International Communication Studies (M.S), International MBA (M.S), Taiwan Studies (M.S), China Studies (M.S).
  4. National Chung Cheng University (www.ccu.edu.tw): Department of Psychology (MS/Ph.D).
  5. National Chung Hsing University (www.nchu.edu.tw): Department of Electronic Commerce (MBA).
  6. National Pingtung University of Science and Technology (www.npust.edu.tw): Department of Tropical Agriculture and International Cooperation (M.S/Ph.D).
  7. National Sun-Yat Sen University (www.nsysu.edu.tw): Department of Marine Science (M.S), Electrical Engineering (M.S).
  8. National Taiwan University (www.ntu.edu.tw): Department of Business Administration (MBA), Accounting (M.S), Finance (M.S), International Business (MS), Information Management (MS), Industrial Technology (MS).
  9. National Taiwan Normal University (www.ntnu.edu.tw): Department of Physics (Ph.D), International Workforce Education & Development (MS).
  10. National Taiwan Ocean University (www.ntou.edu.tw): Department of Aquaculture (MS/Ph.D.), Marine Resources Management (MS), Environmental Biology and Fisheries Science (MS), Food Science (Ph.D.), Marine Biology (Ph.D.), Bioscience and Biotechnology (Ph.D.).
  11. National Tsing Hua University (www.nthu.edu.tw): Department of Technology Management (International MBA).
  12. National Yang Ming University (www.ym.edu.tw): International Health (MS).
  13. Ming Chuan University (www.mcu.edu.tw): Department of Management (MBA), Applied English (MS), International Affairs (MS).
  14. Tamkang University (www.tku.edu.tw):  Department of Computer Science and Information Engineering (MS), Management Sciences (MS/Ph.D), Future Studies (MS), International Affairs and Strategic Studies (MS). 
 

Dua universitas terakhir adalah universitas swasta. Hendaknya diperhatikan sewaktu aplikasi. 

Formulir aplikasi bisa download disini: FormDPU_1, FormDPU_2, FormDPU_3

Catatan tambahan bagi sahabat Muslim:

Mohon untuk menghubungi saya melalui jalur pribadi jika aplikasi beasiswa ini. Saya akan berkoordinasi dengan Chinese Muslim Association dan Imam Masjid Besar Taipei. Namun, untuk memudahkan hendaknya meminta Surat Rekomendasi dari organisasi Islam di Indonesia seperti PP Muhammadiyah atau PB NU.

Semoga informasi ini bermanfaatm dan semoga Allah SWT memberikan jalan yang terbaik.

Salam,

Taipei, winter, Februari 2008.

Agus Setyo Muntohar, Ph.D.


Responses

  1. selamat ya… atas kelulusannya

  2. Assalamu’alaikum
    Mas agus, saya aktivis di muhammadiyah dan juga LSM. soal rekomendasi insyaAllah gak ada masalah. cuma keinginan saya saat ini kepingin ikut shortcourse penelitian, soalnya saya sangat gemar pada bidang ini.
    Mohon saran dan masukannya mas…..

  3. Mas Ari, informasi dari saya sudah saya kirim ke email njenengan.

    Salam: Agus

  4. Assalamualaikum

    Halo rekan2 sekalian, perkenalkan, nama saya Achmad Fauzie, Lulusan tekim UI. Saat ini saya sangat membutuhkan beasiswa, Jadi bila dari rekan2 ada info atau bisa membantu saya, saya akan sangat berterimakasih

    Wassalam

  5. ass.wr.wb….

    saya pengen ngajuin beasiswa ke taiwan tapi koq
    susah ya keliatannya, terutama soal rekomendasi dari orang2 penting, kalo cuma rekomendasi dari dosen/ketua jurusan/dekan boleh ga pak?saya mo ngelanjutin ke jurusan finance/business. mohon sarannya pak?makasie….

    wassalamm..

  6. as. wr wb

    mas, sy pns, sy ga aktif di organisasi spt muhammadiyah dll. jd kl tanpa rekomendasinya gmn?

    tp kl rekom dari univ dan kantor sih bisa mas, gmn?

    tlg dibantu infonya mas

    terima kasih

    surya

  7. Mas Suryadi Yth.
    Jawaban saya send via email.

    Salam
    Agus — Taipei

  8. MAs Agus, Saya baru saja lulus S1 dari Teknik elektro UGM…Saya ingin melanjutkan studi di Taiwan..Khususnya NTUST…Mas agus bisa membantu saya ato tidak ya??Saya muslim mas…Terima kasih.

  9. Saya akan kirim CV gtu ke emailnya mas agus kalo bersedia..Terima kasih

  10. Ass.wr.wb.

    Mas, saya mau mencoba apply beasiswa DPU. saat ini saya sudah di terima di asia univ. di jurusan computer science and information eng untuk program master.

    Saya juga sudh donlot form beasiswa dari teto. tapi saya baca2 pengalaman orang2 di internet katanya musti di ubah ijazahnya dlm bhs ingrris (oleh terjemahan tersumpah) trus ke depham, deplu, teto, trus kmana lagi..
    puyeng..😛

    mnurut mas, gimana ya..
    supaya kita bisa mudah dalam pengurusan beasiswanya.

    salam,
    Arie-jakarta

  11. Assalamualaikum

    Slm kenal pak, trima kasih atas info nya yg bermanfaat disini, fyi, saya juga sedang mencari beasiswa master comp science di taiwan, namun karna saya baru saja lulus, saya agak sedikit bingung dengan langkah2 yang harus saya lakukan, mohon bantuannya pak, jika bapak berkenan saya ingin konsul via imel sj, imel saya tertera di link komen ini, makasih pak sebelumnya

  12. assalamualaikum.saya mau tanya,saya pns s1 ekonomi undip manajemen,saya ingin sekali mendapatkan beasiswa dari dpu.apakah ada jurusan sesuai keilmuan saya.kalo ada saya mohom mendapatkan info berikut syarat aplikasinya.sebelumnya saya haturkan terimakasih.wassalam. email saya yayan_sephiaku@yahoo.co.id

  13. assalamualaikum…
    pak, saya lulusan D3 teknik mesin ITS. apakah ada beasiswa pak untuk saya bisa meneruskan S1 ke taiwan???
    saya dengar juga ada program yang bisa dari D3 bisa lanjut sekolah hingga master
    mohon informasinya


Tinggalkan Balasan

Kategori

