Oleh: Abi Ananda Rasyid | Januari 31, 2008

Atas Kuasa Allah SWT


Introduction vivaPerjalanan studi di Taiwan selama dua tahun empat bulan ditentukan pada hari Rabu 30 Januari 2008. Ujian promosi doktor atau lebih dikenal viva atau oral defence selama dua jam tiga puluh menit mengakhiri perjalanan belajar di National Taiwan University of Science and Technology. Disertasi yang berjudul “An Integrated Rainfall Infiltration and Infinite Slope Model for Predicting Landslide along a Mountain Road in Taiwan” benar-benar diuji habis-habisan oleh enam orang Professor Penguji yang bergabung dalam Board of Examiners. Awalnya semua berjalan lancar dan bisa saya bawakan presentasi hasil-hasil dari disertasi dengan baik dan tepat waktu 40 menit. Awal pertanyaan datang biasa-biasa saja dan bisa dijawab. Pertengahan oral defence, pertanyaan disela oleh salah satu External Examiner yang membuat saya tidak bisa lagi berpikir dengan baik. Dalam istilah tinju, ibaratnya saya mendapat “pukulan mematikan” yang mengena titik lemah dari disertasi itu. Ujian sempat break 5 menit untuk memberikan saya berpikir dan menyusun jawaban tersebut. Namun, yang namanya sudah nervous jadi tidak bisa lagi berpikir dengan baik. Alhamdulillah, pembimbing Prof. Hung-Jiun Liao membesarkan hati:”Agus, I remember you have done the examiner’s question. You should back to your very beginning result“. Kemudian pembimbing kedua Prof. Jianye-Ching, menenangkan disela-sela break:”This is OK,  be humble and conservatif“.  Pernyataan pembimbing kedua ini membuat saya agak sedikit bingung juga. Apakah presentasi saya dan jawaban saya terkesan saya sangat kurang sopan atau terlalu meninggi-ninggikan atau tidak mengakui kalau research saya memangAfter viva ada yang salah???

Walau bagaimanapun, sekali lagi, kalau memang sudah grogi, apapun tidak bisa dipikir dengn baik. Alhamdulillah, ujian agak tertolong oleh waktu yang harus selesai jam 17.00. Ibaratnya tinju, “salvation-bell” — bell penyelemat. Karena tepat jam 16.30 Kepala Kantor Perwakilan Indonesia di Taipei beserta Wakilnya, Bapak Ferry Yahya dan Bapak Amzir Ramli, sudah datang dan ikut menyaksikan oral-defence di kursi belakang. Menjelang jam 17.00, Professor pembimbing menyampaikan kepada Board of Examiner: “We should break here because the Indonesian ambassador is coming“. Sontak saja para Examiners kaget, karena belum pernah ada seorang ambassador hadir dalam ujian oral defence.

(Foto dari kiri: Dr. J-Y Ching, Dr. Chai, Bpk. Amzir (Wakil KDEI), “New Ph.D”, Bpk. Fery Yahya (Kepala KDEI), Dr. T-K Zhong, Dr. H-J Liao, Dr. H-D Lin, Dr. M-L Lin)

Allahu Akbar wa lillah ilhamd, Board of Examiners menyatakan lulus ujian oral defence namun perlu ada perbaikan di sana-sini. Ucapan selamat sebagai “New-born Ph.D” mengalir dari Kepala Perwakilan Indonesia dan Wakilny, dari para Examiners, para sahabat-sahabat mahasiswa Indonesia lainnya yang mendukung selama oral defence (Pak Erwin, Pak Irfan, Mbak Merry, Pak Udin, Mas Hery, dkk). Semoga ilmu yang didapatkan selama 2 tahun empat bulan ini bermanfaat bagi ummat, negara dan bangsa Indonesia. Mohon doa, semoga tetap menjadi seorang yang tetap “humble”.

Foto bersama Pembimbing: Associate Professor Jian-ye Ching (sebelah kanan) dan Professor Hung-Jiun Liao (sebelah kiri).

After viva

Taipei, Winter 30 Januari 2008


Responses

  1. Selamat Atas Keberhasilan-Nya Meraih Gelar Doktor
    Sukses Selalu Salam dari Canada
    Bona

  2. Bona Yth,

    Jazakallahu, semoga barokah. Kapan nih kembali ke tanah air??

    Salam,

    Agus SM – Yogyakarta

  3. selamattt …bosssss, jadi inget smash-an ..shutle cock di NTUST GYM…hehehehhehehhe,

    deni CYU-Jhongli


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: