Oleh: Abi Ananda Rasyid | November 1, 2007

Tips: Perawatan Mata


beatiful eyesBerbagai Latihan Mata Bagi Pengguna Komputer

Sekarang, hampir tak ada pekerjaan yang tidak diselesaikan dengan menggunakan komputer. Bekerja dengan komputer, sering menimbulkan berbagai keluhan pada mata. Namun tak perlu cemas, berikut diuraikan beberapa alternatif latihan untuk mata!

Senam mata

Dr Harish S Belvi, dokter spesialis mata di Mumbai, menerangkan bahwa jam kerja yang rutin harus diselingi dengan waktu-waktu istirahat. Ketika beristirahat Dr. Harish menyarankan suatu cara berlatih kecil dan mudah: Pertama, kedipkan mata beberapa kali. Selagi mata tertutup, putar bola mata baik searah maupun berlawanan jarum jam secara bergantian dan tarik napas dalam-dalam. Secara perlahan, buka mata sambil melepaskan napas. Lakukan latihan ini selama beberapa menit dan ulangi paling tidak tiga kali sebelum Anda kembali bekerja. Latihan yang bagus buat mata Anda!

 Melihat jauh

Ketika bekerja untuk jangka waktu lama, lihat sebuah objek di kejauhan, baik di dalam maupun di luar kantor. Melihat kejauhan dan kemudian kembali pada pekerjaan membantu mata untuk fokus lebih baik. Cobalah melakukan hal ini selama lima hingga sepuluh menit setiap jam.

Palming

Duduk lurus di kursi Anda dan gosokkan kedua belah telapak tangan Anda hingga terasa hangat. Kemudian tempelkan telapak tangan pada mata dan rileks selama 60 detik. Hangatnya telapak tangan Anda membantu menenangkan dan membuat rileks mata yang lelah. Ulangi latihan ini dua atau tiga kali jika mata terasa lelah, atau sesering yang Anda mau. 

Cipratan air di muka

Ketika istirahat cipratkan air ke muka, sementara menutup mata Anda. Hal ini menimbulkan efek relaksasi dan membantu Anda segar kembali. 

Berjalan-jalan

Setelah selesai makan siang, jalan-jalan sedikit di luar kantor selama beberapa menit. Ini akan memberikan istirahat cukup bagi mata Anda dan juga mendapatkan udara segar.

Gunakan tea bag

Tinggalkan dua buah tea bag bekas di lemari pendingin sebelum pergi bekerja. Ketika sampai kembali ke rumah, taruhlah tea bag tersebut di mata Anda selama beberapa menit sambil bersantai. Ini tidak hanya menenangkan mata yang lelah, tapi juga menghilangkan lebam. 

Minum air putih

Minum banyak air putih, membantu menghilangkan kelelahan. Ketika dehidrasi, terutama di ruangan ber-AC, tubuh mulai menyimpan air sebagai bentuk pertahanan diri. Hal ini menambah kelebaman di sekitar mata. 

Makan makanan sehat

Makanlah makanan yang mengandung vitamin A,C, dan E setiap hari; makan buah berasa asam, sayuran hijau, tomat, bayam, daging ayam dan susu. Kalau perlu bungkuslah potongan wortel, mentimun dan buah-buah segar untuk dikudap di luar waktu makan di kantor.


Responses

  1. Jazakallah pa…

    Kayaknya Minusnya terus naik nih.. semoga ga nympe -10.. amiin..😀

    thanks untuk articlenya..

  2. Asalamu “Alaikum…..????
    Saya lagi ada masalah tentang Air mata.
    Yaitu air mata saya yang sebelah kir kental agak pekat. jadi kurang bening. sehingga pemamndangan saya sangat terganggu. burem. seperti kabut pagi begitu.
    adakah yang punya resep untuk membeningkan Produksi air mata….????
    kirim ke : peronsa01@yahoo.com aku tunggu ya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: