Oleh: Abi Ananda Rasyid | September 26, 2007

Ramadhan 1428H Taipei


Berbuka Puasa di Taipei

Persiapan berbuka di Masjid Besar Taipei

Berbuka puasa bersama adalah tradisi yang telah dilakukan bertahun-tahun dan tentunya dapat menjallin silahturahmi antar muslim. Kali ini adalah Ramadhan ketigakalinya bagi saya di Taipei. Dimanakah kiat bisa berbuka puasa di Taipei? Awalnya saya sendiri jug belum tahu bagaimana dan dimana harus berbuka puasa. Alhamdulillah, selama sebulan penuh Masjid Besar Taipei menyediakan menu buka puasa bagi jamaah yang mayoritas para muhajirin dari negeri diluar Pulau Formosa yang kebanyakan dari Indonesia, Pakistan, Asia Tengah, Afrika, dan beberapa dari Arab.

Selain itu masyarakat muslim Indonesia juga mengadakan buka puasa bersama setiap hari Ahad di Masjid Kultural Taipei. Buka puasa bersama di Masjid Kultural ini harus berbagi dengan jamaah dari Pakistan yang setiap tahunnya mendatangkan hafizh al-qur’an dari negeri asalnya. Terus kalau makan sahur bagaimana ya buat teman-teman di kampus? Alhamdulillah, mahasiswa muslim Indonesia memang mahasiswa yang rajin. Setiap selesai buka puasa di Masjid Besar, selalu mencuci semua piring-piring, gelas dll. Rezekinya, pihak masjid memberikan bungkusan untuk makan sahur. Terus, makanan ini dimakan saat sahur di loby Dormnitory 3 NTUST. Alhamdulillah nikmatnya kebersamaan.

[Foto: Menyiapkan menu berbuka ala Pakistan di Masjid Kultural Taipei]

[Foto: Sahur bersama di NTUST]


Responses

  1. Asslamu’alaikum Wr. Wb.

    Alhadulillah, bisa melaksanakan puasa di Negeri orang. Meski susana buka tidak senikmat di ruamah sendiri, namun lolos dari ujian berat berpuasa di tengah kabanyakan orang yang tidak berpuasa, merupakan pengalaman yang sangat berharga dan nikmat sekali.

    Saya Agustus lalu ke Taipe seminggu, sayang tidak sempat ikut rombongan ke Masjid. Sebetulnya saya sangat ingin ngeliput kegiatan ummat islam, baik pendatang dan warga asli Taiwan. Namun akibat jadwal yang padat, hingga tidak sempat meliput kegiatan itu untuk kegiatan bulan Ramadhan ini.

    Saya berharap, mungkin ada sejumlah kegiatan ummat islam di Taipe atau di belahan pulau Formosa lainnya, untuk disebarluaskan di tanah air. Atas infonya, saya ucapkan terima kasih.

    Wassalam’alaikum.

  2. Ass.Wr.Wb.
    Alhamdulillah,kita masih diberikan kesempatan untuk menunaikan ibadah puasa pada tahun ini. Untuk Pak Agus bagaimana keadaannya? semoga sehat dan semoga tahun ini dapat melaksanakan puasa dengan baik walaupun di negri orang, tentunya banyak tantangan dan gangguannya.Kemudian saya pribadi dan mewakili rekan 2 di UMY mengucapkan Mohon maaf lahir & batin semoga amal kita selama ini diterima Allah SWT.Amin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: