Oleh: Abi Ananda Rasyid | Juni 19, 2007

Beasiswa NTUST (New Updated)


logo-ntust.jpgBeasiswa National Taiwan University of Science and Technology (NTUST)

National Taiwan University of Science and Technology (NTUST) adalah salah satu universitas di Taiwan yang paling progresif membuka peluang bagi calon mahasiswa di seluruh dunia untuk kuliah program bachelor, master dan doctorate. Pada tahun 2003, universitas ini masuk 10 top asia’s universities versi Asia Week. Sesuai dengan namanya universitas ini lebih memfokuskan pada bidang science dan technology. Bidang-bidang ilmu yang ditawarkan untuk program master dan doctorate di NTUST untuk tahun akademik 2007-2008 adalah sebagai berikut:

  1. College of Engineering: Automation and Control, Materials Science & Technology, Mechanical Engineering, Construction Engineering, Chemical Engineering
  2. College of Electrical & Computer Engineering: Computer & Communication Network Program, Electrical Engineering, Electronic Engineering, Computer Science & Information Engineering (hanya doctorate).
  3. College of Management: Industrial Management, Bussiness Administration, Information Management (hanya doctorate), Finance, MBA.
  4. College of Liberal Arts & School Science: Applied Foreign Languange (hanya master)

Beasiswa ini adalah dari NTUST (bukan dari pemerintah Taiwan) yang mencakup: Tuition waiver (pembebasan beasiswa) dan monthly stipend (master: NTD10,000/month, doctorate: NTD15,000/month).  Beberapa laboratorium yang dikelola oleh Professor menawarkan research assistant (RA) atau teaching assistant (TA) dengan honor per bulan yang bervariasi antara NTD2000 – NTD8000 (bergantung pada laboratorium masing-masing).

Persyaratan yang mesti dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa NTUST antara lain:

  1. Calon mahasiswa tidak kewarganegaraan Taiwan, Chinese Overseas, Hongkong, Macau, dan RRC.
  2. Calon mahasiswa tidak pernah dikeluarkan dari universitas di Taiwan sebelumnya.
  3. Melengkapi dokumen-dokumen berikut: Application Form, 1 Copy ijazah S-1 dan atau S-1 dan S-2 , 1 Copy Traksrip S-1 dan atau S-2 (bagi yang mendaftar Doctorate melampirkan copy ijazah dan transkrip S-1 & S-2), Surat Pernyataan Kesanggupan Pembiayaan Studi (Financial Statement). Semua dokumen diterjemahkan dalam bahasa Inggris dan dilegalisir di Kantor Dagang & Ekonomi Taipei (TETO) di Jakarta. Namun untuk pendaftaran, dokumen yang dilegalisir oleh pihak universitas di Indonesia masih diperbolehkan. Apabila diterima dan bersedia untuk studi di NTUST, maka semua dokumen mesti dilegalisir di TETO.
  4. Surat rekomendasi dari dua orang Dosen Pembimbing S-1/S2, atau Rektor dll yang mengetahui persis kemampuan calon mahasiswa dan masih relevant.
  5. Surat keterangan kesehatan paling lama 6 bulan terakhir dari rumah sakit (dalam bahasa Inggris dapat dikirimkan setelah diterima). Pemeriksaan kesehatan meliputi: Chest X-Ray (TBC), Serological test for HIV, Stool Examination for Parasites, Serological test for Syphilis
  6. Rencana studi (study plan) dalam bahasa Inggris (ini hal penting, kemukakan latar belakang, motivasi studi di NTUST, rencana penelitian, manfaat penelitian bagi Taiwan dan Indonesia, tujuan penelitian, dan pengalaman penelitian)
  7. Pendaftaran dapat dilakukan secara online: http://140.118.99.78/FA/Index.aspx 
  8. Batas akhir waktu pendaftaran adalah setiap 30 November untuk masuk spring semester dan 31 Maret untuk masuk fall semester setiap tahunnya.
  9. Guidlines untuk aplikasi dapat di-download melalui link berikut:  http://www.admission-e.ntust.edu.tw/front/bin/ptlist.phtml?Category=2

Walapun tidak disyaratkan secara tertulis, IPK sebaiknya > 3.50 (dari skala 4.00) dan TOEFL score > 550, karena calon mahasiswa mesti bersaing untuk memperoleh beasiswa.

Jika aplikasi tidak dilakukan secara online (disarankan untuk aplikasi online), formulir aplikasi dan dokumen-dokumen dikirimkan melalui surat ke alamat berikut:

<<Nama Department yang diminati>>
National Taiwan University of Science and Technology
No. 43 Sec. 4 Keelung Road, Taipei. Taiwan. 106

Jika mendapatkan beasiswa, mahasiswa mesti harus mengeluarkan biaya per semester untuk pembayaran asrama (dormitory) NTD6000~6200 dan health inssurance NTD4800. Biaya makan sehari-hari biasanya NTD100-150/hari dan sangat bergantung pada kebiasaan masing-masing. Rata-rata biaya hidup per bulan bagi mahasiswa single (belum menikah dan tidak mempunyai tanggungan hidup) adalah NTD6000-8000.

Selamat mendaftar, semoga berhasil.


Responses

  1. Syukron Pak…
    I wish i study There…😥

  2. Jazklh…

  3. Terima kasiih ….semoga bermanfaat bagi semuanya

    • Assalamu’alaikukum wr.wb

      Alhamdulillah saya telah dapat letter of admission, hanya saja saya tidak siap dengan living cost, waktu tinggal satu bulan lagi. Saya sudah kebingungan keman untuk mencarinya. Andai saja ada saran terbaik, saya ucapkan banyak terima kasih.

  4. ass. pak.
    aku tambah semangat ngintip-ngintip beasiswa Taiwan setelah baca di KR ada dosen UNY yg keterima S3 di bidg Human Resource Mgt. Katanya 2 th di Taiwan dan 1 tahun riset bisa di Indonesia. Apa iya??

  5. Salam Bu Meika,

    Terima kasih sudah baca blog saya. Alhamdulillah kalau tambah semangat. Tentang studi S3 seperti dosen UNY itu memungkinkan saja, asal requirement untuk Comprehensive Exam Doctor-nya sudah dipenuhi. Biasanya, 1 tahun di tanah air untuk ambil data jika disertasinya memang berkaitan dengan masalah di Indonesia. Selamat melamar beasiswa semoga berhasil.

    Salam,

    Abu Ananda-Rasyid

  6. Pak Muntohar,

    Tolong dong cerita sedikit, banyakpun lebih welcome pak, mengenai kuliah di Univ. Malaysia (tempat bapak ambil S2).
    Karena puteri saya sgt ingin sekali kuliah S2nya di UM.
    Sebagai orang tua, kalau dapat masuk melalui jalur beasiswa sikh sangat di harapkan sekali.

    OOh iya pak Muntohar, keluarga saya juga termasuk kel. besar Muhammadiyah…..Selamat ya pak, dan sukses selalu.

    Salam,
    Fachruddin S+

  7. Assalamu’alaikum.Wr.Wb
    salam kenal pak muntohar, saya senang dapat menemukan seorang akademisi dari UMY yang menempuh studi di Taiwan. dan saya salah satu alumnus UMY tahun 2006 dijurusan ilmu Hubungan Internasional.
    insallah saya bulan januari 2008 mulai apply disalah satu kampus ditaiwan. terus terang saya berasal dari kalangan menengah biasa yang berkeinginan (Azzam) untuk merealisasikan mimpi belajar di jurusan bisnis internasional. saya mempunyai alasan tersendiri untuk menekuni bidang tersebut terutama setelah saya mengkonsentrasikan diri di Ekonomi politik Inernasional.

    apalagi teman saya juga menempuh studi ditaiwan dari alumnus akuntansi UMY. dan sekarang ia bersama istri pasca studi telah bekerja disana suatu kebanggan tersendiri melihat kemajuan yang diraih teman saya.

    terlepas dari mimpi tersebut, apakah disamping apply online kita juga sebaiknya mengirimkan berkas kekampus tersebut?
    Layakkah saya bersaing mengingat IPK saya 3,47?

    lantas setelah bagaimana mengajukan lamaran ke Teto seandainya saya diterima disalah satu kampus ditaiwan? dengan maksud mencari sponsor (beasiswa) dilembaga tersebut?

    terima kasih, salam sukses_semoga saya bisa mengikuti langkah bapak.Amiin

  8. Assalamu’alaikum

    Mas Aziz Yth,

    Senang jika semua alumni UMY punya azzam yang kuat untuk studi ke luar negeri. Saran saya untuk mengambil program MBA di National Cheng Kung University (NCKU) atai National Central University (NCU) atau National Taiwan University (NTU) atau National Taiwan University of Science and Technology (NTUST). Urutan universitas yang saya sebutkan adalah urutan prioritas. NTUST juga buka program MBA namun lebih mengarah pada industrial, karena kampus saya NTUST adalah kampus teknologi.

    Di NCKU sudah ada Mas Mungki beserta keluarganya, Mas Yordan, dan Mas Samsul. Dan di Asia University ada Mas Deni. Kemudian di Tamkang University ada bu Retno W yang sedang ambil Doktor. Semuanya mengambil Management.

    Saran saya Mas Aziz apply ke TETO atau DPU, silahkan baca informasi studi di blog saya dan silahkan kontak Mas Mungki untuk bagaimana cara apply ke TETO (isteri beliau yang mendapat beasiswa dari TETO). Jika ingin apply ke TETO minta rekomendasi dari PP Muhammadiyah. Semoga berhasil. Kami tunggu kedatangannya di Taiwan, kami sedang menyiapkan pendirian PCI Muhammadiyah Taiwan yang sedang dikoordinasikan oleh Mas Yordan. Mohon informasikan kepada para alumni untuk berlomba-lomba apply ke Taiwan.

    Wassalamu’alaikum

  9. wah infonya bermanfaat bgt pak… oo iya pak, pendaftaran u/ fall smester blom di buka ya?? kok pendaftaran online masih u/ spring admission??

    mohon infonya pak….

    terimakasih

  10. Online application biasanya dibuka 2 bulan sebelum batas waktu. Saat ini masih untuk Spring Semester. Untuk Fall semester sekitar seharusnya sudah bisa diakses karena batas akhir aplikasi untuk beasiswa adalah 31 Maret. Insya Allah, nanti saya tanyakan dulu ke Office of Graduate Studies.

  11. assalamu’alaikum..
    sblmnya saya ingin berterima kasih atas tulisan2 bapak mengenai taiwan. sangat membantu….
    Awal September mendatang suami saya akan berangkat ke Taiwan, suami mendapatkan beasiswa S2 di NTUST. rencana saya+ 1 putri umur 3 tahun ingin ikut suami ke Taiwan. Beasiswa yang diterima hanya untuk suami, untuk dapat bertahan hidup tampaknya saya harus bekerja dan saya jika memungkinkan saya ingin melanjutkan S2 juga. Mohon informasinya mengenai kondisi kehidupan di sana, biaya hidup, sekolah untuk puteri saya, penitipan anak, lowongan pekerjaan.
    Terima kasih.

    wassalam,

  12. assalamualaikum,,
    saya sudah baca blok bapak ttg beasiswa utk kuliah ditaiwan.. sepertinya saya tertarik juga untuk melanjutkan kuliah saya dsna.skrg ini saya masih kuliah S1 di UKM (Universiti Kebangsaan Malaysia) semster 4.insyaAllah setahun lg saya akan menamatkan studi saya diMalaysia.saya mau menanyakan,apakah beasiswa ini hanya utk yg S1 diindonesia saja atau boleh jg utk mahasiswa yg mengambil S1 diluar seperti saya. Terima kasih sebelumnya,,

    Wassalam,,

  13. assalamualaikum,,

    makasi pak dah merespon,, mo nanya lg nih,gmn ya pak prosedurnya? klo ngeapplynya kpn aja bsnya? apa harus nunggu mau tamat s1 dlu? soalnya saya masih ada setahun lagi,,

    wassalam,,

  14. ass…wr.wb…om..muntohar persyaratan yg om tulis buat beasiswa di atas tuh berlaku buat beasiswa yg mendatang ga? mslhnya saya mau daftar tahun besok…blom lulus hiks2….oya urutan NCU, NCKU, NTU, NTUST, dari yang paling bagus yang mana yak? mo daftar ke dept. elekto…T_T

  15. Met sore pak.
    Saya Melani. Saya baru saja dapet surat penerimaan dari NTUST dan saya ditawari beasiswa selama 1 tahun include tuition fee + monthly stipend NTD 10.000/bln.
    Saya mau tanya apakah dengan monthly stiped NTD 10.000/bln bisa mengcover seluruh kebutuhan saya (termasuk makan, transport, buku, housing)?
    Untuk tahun kedua akan dipertimbangkan jika saya bisa memenuhi requirements, kira2 apa aja requirementsnya?
    Saya udah check up Malaria, Syphilis, HIV dan TBC (X-Ray), tapi saya masih diminta untuk ikut tes HIV yang MIF Method, saya sebelumnya tes d prodia, apa mesti tes lagi ya pak?
    Thanks atas infonya…

  16. ehm..
    mo nanya..
    qlo mao kuliah tapi ambil jurusan “Zhong wen” gmn?
    tp pingin ambil beasiswa d..
    kuliahnya di taipei…

    THX

  17. saya masih lu2san SMA..
    menurut kbr yg saya terima,ad beasiswa yg untk lu2san SMA ya??
    tp saya lihat di oersyaratan semua untk S1..
    mk dr itu saya mohon infonya….
    terima kasih…..

  18. oya….tlong infonya dikirim di email saya…
    zaza_riz@yahoo.com
    trimakasih…

  19. Yth. Bp. Muntohar,
    Hanya ‘numpang’ pemberitahuan saja.
    Bagi teman2 yang diterima untuk studi di NTUST pada Fall 2008, dan hendak berangkat dari Surabaya, mungkin bisa kontak saya, untuk departure, sehingga bisa dijemput di TW jika yang datang banyak.
    Terima kasih Pak.

    Citra – m.citraningrum@gmail.com

  20. Ass. Pak, saya mau tanya nih,

    saya baru aja lulus program Master dari salah satu University di Taichung. Saat ini masih pegang ARC dan visa student. ARC dan visa expire tanggal 17 September tahun ini.

    Saya ada planning u lanjut skolah bahasa di Providence U, juga di Taichung. Bagaimana ya cara mudah urus perpanjang visa student saya? Apa bener harus keluar Taiwan dulu; mungkin ke Hong Kong atau pulang ke Indonesia u bisa apply visa student baru? Apakah ada cara lbh mudah, krn kalau bisa, saya enggan u pulang dulu ke Indonesia.

    Trima kasih.

    Wass,

    Tya

  21. pak kalo saya mau daftar ke taiwan sekarang masih bisa g pak?

  22. YTH. Bpk Muntohar, maaf merepotkan
    salam kenal, saya lulus s1 arsitektur di bandung bulan juni dan saya ingin sekali S2 keluar negeri meneruskan bidang saya (S2 arsitektur).

    Melihat info bapak, saya sangat tertarik dan saya sudah lihat website NTUST, ternyata tersedia program english taught program untuk master bidang architecture.

    Yang ingin saya tanyakan, bagaimana perkembangan bidang arsitektur di NTUST sendiri? apakah cukup bersaing? Saya lihat dari program fall 2008 atau spring 2007, tidak ada yang diterima untuk program tersebut. Apakah memang kurang peminat atau memang tahun-tahun kemarin program tersebut (architecture) tidak membuka master degree?

    Saya cukup melatih conversation bahasa inggris, namun saya sama sekali tidak bisa berbahasa mandarin, apakah perlu mempersiapkan setidaknya untuk pembicaraan sehari-hari?

    Terima kasih banyak pak atas waktu dan informasi ini.

    Mohon balas ke email saya saja ya pak
    ivonne_suwarma@yahoo.com

  23. Salaam Pak Agus Setyo Munthohar, ada alamat email ? saya ingin berkorespondensi dengan Bapak mengenai studi PhD di NTUST, dan juga pola hidup untuk satu keluarga (Saya, istri dan anak), dan bagaimana cara mendapat uang tambahan di Taiwan (selain dari scholarship) ? email saya : broer_abby@yahoo.com

  24. Pak, kalo NTUST MBA program menurut bapak bagaimana, bagus tidak? Soalnya saya sudah diterima di NTUST untuk Spring 2009. Tetapi saya juga diterima di IMBA NCKU…menurut bapak, saya lebih baik ambil yang mana ya? Terimakasih atas jawabannya.
    andreewidjaja@yahoo.com

  25. Salam.. Saya Tomas.. Saya sdh diterima di NTUST Spring 2009 jur. Tek Mesin.. Apakah dengan pngumuman di Admission list sdh menyatakan saya memperoleh beasiswa pnuh??? Terima kasih..

  26. […] https://muntohar.wordpress.com/2007/06/19/beasiswa-ntust/ […]

  27. Assalamualaikum,
    perkenalkan, saya Lilik lulusan Tek. kimia ITS dan Alhmdulillah saya ketrima di NTUST utk spring 2009. mohon sarannya apa saja yg perlu di siapkan sblm brgkt ke taiwan. melalui forum ini saya nitip pesan, untuk teman2 yang akan brgkt ke taiwan spring 2009, boleh kontak saya, mgkn kita bisa ngurus dokumen dan brgkt bareng2.
    email saya lyly_axl@yahoo.com
    trimakasih banyak

    Wassalam

  28. Assalamualaikum ust

    Apa kabar, dan salamkenal darikami di cairo….Ayyu Khadamat (what can i do 4 ust) ?

    wassalam

  29. Assalamualaikum,

    Apa kabar pak.
    Saya bermaksud untuk mencoba mendaftar untuk kuliah S2 di NTUST.
    Tapi saya kurang ngerti bagaimana membuat study plan dan financial statement.
    Apakah saya bisa meminta sampel nya sebagai bahan referensi bagaimana cara membuatnya???

    Thanks sebelumnya
    Kalo bisa tolong diemailkan saja ke email saya
    erwin2576@yahoo.co.uk

  30. Perkenalkan.. saya Finie Winata lulusan teknik kimia UGM.. saya sgt tertarik untuk apply beasiswa buat melanjutkan master degree saya di NTUST. Saya mau mendaftar untuk jurusan industrial management atau technology management. Saya mau bertanya apakah smua program master sudah dlm bhs inggris?Apakah industrial management ada prog masternya?Trus toefl yg diperlukan itu mesti dari ETS? kalau saya menggunakan TOEFL prediksi yang dilegalisir dar UGM boleh ga?Apakah prog master management yg saya pilih ini byk peminatnya dibandingkan teknik?peluang dapat beasiswanya lbh bsr kalau apply untuk manajemen atau teknik?trus link apply onlinenya kog ga jalan ya?saya lulus UGM nov thn 2008 kmrn dgn ipk cumlaude 3,66 tp toefl score saya cuman 533,kira2 seberapa persen kemngkinan saya diterima ya?apakah ada tes untuk applikasinya?
    thanks, tolong saya diberi informasi ttg NTUST ini, kalau bisa langsung bls ke email saya
    Finie_ok@yahoo.com

  31. sore pak, td saya ada mengirimkan byk pertanyaan tp sepertinya ga msuk ya.. saya mau minta informasi mengenai NTUST ini terutama beasiswanya.. kalau boleh kirim ke email saya finie_ok@yahoo.com, mau tny jg.. kira2 peluang dapet beasiswa lbh bsr bt yg ngmbil jurusan teknik atop manajemen?soalnya saya dari jurusan teknik, tp saya ingin melanjutkan ke manajemen, trus NCKU sama NTUST bgsan mana ya?
    terima kasih..

  32. pak mutohar… saya lihat blog bapak ini sudah lama sekali pak…
    saya ingin berkonsultasi soal beasiswa NTUST pak…
    adakah kabar tentang berita tersebut?
    mohon saya di beri kabar pak… kalau bapak berkenan mohon dikirim ke email saya… ripcore@yahoo.co.id
    terima kasih ya pak…

  33. […] copas dr sini Categories: 60631 Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan komentar Lacak […]

  34. assalamualaikum wr,wb…
    mkshya ats infox, q jg pengen bgt deh kuliah disana tp q msh smster 4 di jakarta, tp q berharap dan berdoa serta berusaha agr bisa melakukan jenjang pendidikan di china ^_^

    syukron.

  35. Assalamualaikum Pak..maaf numpang tanya..saya mau coba aplikasi beasiswa di Taiwan untuk Fakultas Hukumnya, saya mohon saran dan pendapat dari Bapak mengenai Fakultas Hukum yang baik di salah satu Universitas Taiwan yang menawarkan beasiswa..Jazakallah Pak..

  36. http://sektorkanan.blogspot.com/

  37. Unlike the traditional means of marketing, TV, radio, magazines, in the web marketing campaign positioning sites can be much more targeted, with great advantages in terms of investment and gain on investment faced. In summary you want to do all that you can to discover search engine optimization. Even so, I believe Kris Roadruck made a lot of good sense in his comment when he explained that, “Doing [the redirect] can certainly help would-be linkers know which is the appropriate address to make use of when linking.


Tinggalkan Balasan

Kategori

