Oleh: Abi Ananda Rasyid | Mei 16, 2007

Cerdas Center


Seminar Hasil Penelitian “Cerdas Center” Teknik Sipil UMY 19 Mei 2004
Kedua kalinya CERDAS Center ( Center for Civil Engineering Research and Development  Sustainability ) jurusan Tehnik sipil UMY menyelenggarakan Cerdas Forum.

Forum pertama kalinya (the 1 ” Circular Cerdas Forum ) telah diselenggarakan 1 Januari 2004 yang lalu . Cerdas forum ini merupakan bagian dari kegiatan dalam Cerdas Center yang dimaksudkan untuk menjembatani hasil-hasil penelitian civitas akademika Tehnik Sipil UMY ( bridging the knowledge ) kepada dunia luar kampus seperti Instansi Pemerintah, Universitas atau jasa kontruksi dan LSM.Demikian keterangan dari Biro Humas UMY, sementara itu seminar yang diselenggarakan tanggal 19 Mei 2004 ini dilaksanakan di Ruang Seminar Kampus UMY dengan menampilkan empat orang dosen Tehnik Sipil UMY yang memperoleh dana penelitian Tahun Akademik 2003/2004.

Empat dosen tersebut diantaranya Ir. As’at Pujianto, MT ( Bidang Struktur ) , M. Heri Zulfiar,S,T,MT ( Bidang manajemen Konstruksi ), Tri Harjono ST, MT ( Bidang Hidraulika ) dan Agus Setyo Muntoha,  S.T,ME.Sc ( Bidang Geoenviromental Engineering ). Program Koordinator “Cerdas” center Agus Setyo Muntohar mengulas bahwa seharusnya setiap hasil penelitian bisa dimanfaatkan minimal untuk mendukung bahan perkuliahan atau lebih afdol lagi bisa dimanfaatkan oleh kalangan industri dan mendapatkan hak patent. Semua itu disadari bahwa iklim penelitian dan publikasi ilmiah pada perguruan tinggi di Indonesia masih relatif rendah dibandingfkan negara-negara tetangga lainnya seperti Malaysia, Singapura dan Thailand.

Kajian efek percepatan tanah dan frekuensi gempa pada gedung kuliah Kampus terpadu UMY ini dibahas oleh Ir. As’at Pujianto, MT penelitian ini sangat relevan berhubung gedung Kampus terpadu UMY dibangun pada daerah yang berpotensi terjadinya liQucfaction bila terjadi gempa . Akibat terjadinya liqucfaction ini adalah kerusakan gedung yang selanjutnya dikaji oleh M. Heri Zulfiar, ST, MT. Dengan mengetahui jenis dan tingkat kerusakan gedung nantinya akan diketahui parameter-parameter apa saja sebagai penyebab kerusakan gedung. Hasil akhir dari penelitian kerusakan gedung ini adalah pembuatan system manajemen informasi kerusakan gedung dan penanganannya yang dapat dilihat dari skala kerusakannya, sehingga akan lebih mudah dan cepat dalam pemeliharaan gedung.

Sedang Penyajian makalah selanjutnya dipaparkan oleh Tri Harjono, ST,MT yang memberikan solusi untuk penanganan banjir dengan system drainase resapan. Lokasi penelitian yang dikaji adalah pada kasus Proyek RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta di Gamping. Dari model 3 dimensi di laboratorium diketahui bahwa dengan pemilihan tanah urugan yang sesuai dengan persyaratan ternyata mampu menanggulangi genangan banjir dengan baik.

Permasalahan pembangunan embankment untuk jalan raya menjadi bahan kajian oleh Agus Setyo Muntohar. Perilaku penurunan embankment dibuat dalam model laboratorium 3 dimensi. Penelitian diarahkan untuk mendukung materi perkuliahan tentang penurunan. Dari penelitian ini dapat dibuktikan bahwa dari sekian banyak metode untuk memperkirakan penurunan metode Sub-Layers memberikan hasil yang sangat baik dan akurat jika dibandingkan dengan uji model fisik 3 dimensi. Dengan diselenggarakannya Cerdas Forum ini kedepannya Cerdas Center seperti disampaikan oleh Program Coordinator mengundang peneliti-peneliti dari Universitas lain untuk dapat berkolaborasi dalam cerdas center untuk kemajuan penelitian dan publikasi bidang ketekniksipilan yang berkelanjutan seperti visi dari CERDAS Center. ( ek/LTI ) Sumber : Humas UMY .

[http://www.pemda-diy.go.id/berita/article.php?sid=1199]


Responses

  1. AsS…
    Saya belum kuliah waktu itu?😥

    Kenapa sekarang kok ga ada ya😥
    Dulu waktu pertama masuk UMY sempat ada Seminar Nasional….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: