Oleh: Abi Ananda Rasyid | Februari 16, 2007

Bagaimana Aplikasi Beasiswa Studi@Taiwan


Pemerintah Taiwan sejak tahun 2005 membuka kesempatan bagi International students untuk melanjutkan studi pada program Master dan Doctorate. Beasiswa ditawarkan oleh Pemerintah Taiwan (melalui kantor-kantor perwakilannya di luar negeri, di Indonesia: Taipei Economic Trase Office Jakarta), Universitas-Universitas di Taiwan, dan NGO (seperti Democratic Pacific Union). Oleh karenanya aplikasi beasiswa Studi@Taiwan dapat dilakukan dengan 3 cara yaitu:

  1. Program G to G, yaitu melalui kantor perwakilan Taiwan di Jakarta (informasi lengkap silahkan baca arsip sebelumnya dalam blog ini).
  2. Program U to U, yaitu aplikasi dilakukan melalui universitas-universitas di Taiwan. Untuk informasi detail silahkan mengakses situs universitas masing-masing. Namun perlu diketahui, bahwa tidak semua universitas di Taiwan menawarkan International Program atau English Speaking Program (bahasa pengantar kuliah dalam Bahasa Inggris). Forum Mahasiswa Muslim Indonesia di Taiwan telah memetakan kebutuhan untuk dakwah dan pedampingan kepada para TKI, untuk itu sebaiknya mendaftar ke universitas-universitas berikut:
    • Taipei:
      • Kategori Teknologi: National Taiwan University of Science and Technology (www.ntust.edu.tw), National Taipei University of Technology (www.ntut.edu.tw)
      • Kategori Umum: National Taiwan University (www.ntu.edu.tw). Prioritas utama di NTU ini adalah program management (MBA atau DBA), politik dan hukum.
      • Kategori Kesehatan: National Yangming University (www.ym.edu.tw).
    • Taichung:
      • Kategori Umum: National Chung Hsing University (www.nchu.edu.tw). Prioritas utama di NCHU ini adalah pada bidang pertanian dan teknologi pertanian.
      • Kategori Kesehatan: Asia University.
    • Tainan:
  3. Program melalui NGO, yaitu aplikasi dilakukan melalui NGO yang memberikan dana untuk Studi@Taiwan seperti Democratic Pacific Union (www.dpu.org.tw). Secara detail informasi dan persyaratannya silahkan klik link situs DPU tersebut. Untuk tahun 2007 ini aplikasi beasiswa akan ditutup tanggal 31 Maret 2007. Guidelines dan formulir aplikasi dapat dilihat di link berikut : DPU-Scholarship Guidelines, DPU-Scholarship Application Form.

Bagi saudara-saudaraku “Intelektual Muda Muslim Indonesia”, aplikasi melalui program G to G dan NGO memerlukan surat rekomendasi tidak hanya dari dosen atau pembimbing sewaktu S-1 tetapi juga diperlukan surat rekomendasi dari orang-orang yang cukup terpandang. Untuk itu disarankan untuk mendapatkan surat rekomendasi dari orang-orang tersebut, misalnya: Rektor, Pimpinan Muhammadiyah, dll.

Selamat mencoba, semoga Allah SWT memudahkan langkah saudara-saudara semua untuk menuntut ilmu di Pulau Formosa. Bila memerlukan bantuan silahkan menguhubungi melalui email: muntohar@yahoo.com atau telepon: +886921049425.


Responses

  1. hi, salam kenal..
    saya sekarang seorang pelajar bahasa mandarin di language center di taiwan.. dan sekarang saya sedang mencari informasi mengenai beasiswa university(s1)di negara ini,, bisakah pak muntohar menolong saya? salam..
    balsan dapat dikirimkan langsung ke email saya,, terimakasih

  2. Terimakasih buat bapak yang telah bersedia membagikan informasinya.
    Untuk beasiswa taiwan (yang katanya dibuka tiap tahun awal Januari), apa saja syaratnya ? Apakah aplikan yang masih menyusun skripsi masih bisa mengajukan beasiswa ?

    terimakasih

  3. Silahkan selesaikan dulu skripsi-nya. Jika sudah pasti lulus dari S-1 baru bisa daftar, karena bukti lulus S-1 adalah ijazah bukan skripsi. Tentang syarat silahkan baca pada post lainnya.
    Untuk beasiswa dari gorvernment, silahkan bertanya langsung ke TETO di Jakarta. Siapa tahu ada perubahan. Karena informasi saya buat berdasarkan data tahun 2005.
    Jia yo.

  4. Terima kasih atas infonya, Pak. Saya seorang dosen di Universitas Sriwijaya. Saya baru diterima tahun lalu. Pendidikan terakhir saya S1. Saya berniat melanjutkan S2 ke Taiwan. Tetapi, terus terang saya belum tahu harus melamar ke universitas mana. Apakah bapak mempunyai info universitas mana yang mempunyai program S2 matematika. Apakah bapak punya kenalan yang bisa merekomendasikan saya, terutama doen-dosen di sana. Saya bisa bahasa mandarin, dan lulus dengan predikat cum laude. Terima kasih banyak ya pak. Assalammualaikum.

  5. Mbak Sisca,

    Silahkan untuk kontak Professor di National Central University (www.ncu.edu.tw). Kalau untuk bidang Matematika (kependidikan) silahkan kontak Professor di National Taiwan Normal University (www.ntnu.edu.tw).
    Selamat mencoba

  6. Ass.wr.wb
    terima kasih pak atas informasinya. Alhamdulillah, tahun ini saya dapat kesempatan melanjutkan kuliah di taiwan. Kira2 berapa ya biaya hidup di Taiwan selama sebulan? Terima kasih.

  7. Selamat buat Mbak Fenni,
    Biaya hidup bervariasi tergantung ‘life style’ masing-masing dan tergantung kota tempat studi. Di Taipei, biaya hidup NTD7000 – NTD15000/bulan (tinggal di asrama), di Keelung (Taiwan Utara), Chungli (Taipei county), Hsinchu (Chungli county), di Taichung (Taiwan Tengah) dan Tainan atau Kaohsiung (Taiwan Selatan) bisa lebih murah dari Taipei.

  8. Assalamualaikum…
    Wah subhanallah…anda begitu mau berbagi…
    BTW saya fresh graduate yang belum punya pekerjaan dan tidak tergabung di NGO apapun..
    Pertanyaan saya adakah kesempatan untuk mendapatkan beasiswa S2 di Taiwan? klo ada lewat jalur apa?
    balsan dapat dikirimkan langsung ke email saya,, terimakasih
    Wassalam

  9. Mbak Afny Yth.

    Apply beasiswa S2 tidak harus sudah bekerja. ‘Fresh graduate’ sangat diperbolehkan apply. Silahkan apply beasiswa Pemerintah Taiwan atau langsung ke Universitas2 di Taiwan atau beasiswa DPU. Bagaimana apply beasiswa sudah saya jelaskan dalam posting sebelum dan sesudahnya dalam blog ini.

  10. pak saya mau tanya tentang jurusan bahasa dan sastra inggris di taiwan adanya di kampus apa

  11. 1. College of Liberal Art, National Taiwan University of Science & Technology http://www.ntust.edu.tw (khusus S2)
    2. Ming Chuan University (private university).
    3. Silahkan buka di http://www.moe.gov.tw untuk mencari universitas mana yang membuka kesempatan untuk program Bahas Inggris

    • salam kenal pak Muntohar.. nama saya fenny. saya bisa minta jurusan – jurusan apa saja yang ada di negara taiwan gaa?? lalu universitas mana yang bagus untuk mengambil jurusan tersebut.. mohon di balas pak.. terima kasih..

    • salam kenal pak Muntohar.. nama saya fenny. saya bisa minta jurusan – jurusan apa saja yang ada di negara taiwan gaa?? lalu universitas mana yang bagus untuk mengambil jurusan tersebut.. mohon di balas ke email saya pak.. terima kasih..

  12. Mas Mutohar,

    Kalau untuk S3 bidang education, di universitas mana ya ?
    Terima kasih

  13. ada yg bisa bantu gak kalo mau beasiswa untuk belajar bahasa di taiwan?

  14. ada yg bisa bantu gak kalo mau beasiswa untuk belajar bahasa di taiwan? tolong reply ke email aku ya di nurmala 992002@yahoo.com

  15. Ass..mas..saya mau tanya beberapa hal…bgini..saya sekarang lagi skripsi tentang longsor kebetulan saya adalah mahasiswa IPB jur Ilmu Tanah nagkatan 2003 (40)

    yang saya mau tanya apakah nanti di taiwan ada program yang menawarkan program yang sesuai dengan jurusan saya di ipb….kebetulan sekarang saya sedang pnelitian untuk skripsi s1…..yah Insya Allah beberapa bulan lagi beres…

    kalo ada tolong kirim ke email saya di bayussu@yahoo.com
    terima kasih..

    wass….

  16. mohon informasi macam-macam website beasiswa taiwan.selain itu bagi yang bersangkutan sudah berada ditaiwan,masih bisa tidak memohon beasiswa taiwan tanpa harus pulang indonesia?terus beasiswa apa saja yang bisa dimohon lansung di taiwan tanpa harus pulang ke indonesia selain diuniversitas masing-masing? atas info nya saya mengucapkan terima kasih

  17. saya seorang pelajar yang sekarang sudah kelas 3 sma jurusan ipa, tetapi setelah lulus sma, saya ingin melanjutkan kuliah di taiwan dengan jurusan bisnis atau perdagangan,
    apakah ada beasiswa untuk jurusan tersebut…?, dan tolong jelaskan persyaratan apa saja yang harus di penuhi….?
    tolong pak muntohar bantu saya, karena kebetulan saya dari keluarga yang kurang mampu.

  18. Saudara DHAM,

    Mohon maaf saya kurang banyak tahu informasi untuk program Bachelor atau S-1. Silahkan hubungi atau klik web site TETO atau DPU atau kampus-kampus di Taiwan.

    Terima kasih

  19. pak saya mau bertanya neh…
    apa bener kalo mau kuliah di taiwan harus foundation bahasa nya 2 tahun dulu yah??
    atau bisa langsung kuliah??
    lalu, kalo seandainya saya bisa bahasa taiwan/mandarin sedikit2, apa harus melalui tes bahasa untuk memastikan perlu tidak ikut foundation nya??
    mohon di jawab…
    terima kasih sebelumnya…^^

  20. balasannya kirim ke email saya yah pak…
    fenny_lie@plasa.com
    terima kasih dan di tunggu balasan email nya..

  21. Pak saya mau bertanya, apakah beasiswa untuk ke Taiwan ini beasiswa full apa bukan?(bebas biaya pendidikan, dll?)
    Dan persyaratannya apa saja?
    Kira-kira ada jurusan animasi atau tidak?
    Untuk balasanya bisa dikirim ke email saya di cut3_an6el1@yahoo.co.id. Terima kasih atas perhatiannya.

  22. Saya rasa web ini lumayan membantu untuk yang ingin mencari beasiswa ke Taiwan.
    Salam….

  23. Alo semua, aq mo tanya nih bang….
    Di taipei ada universitas jurusan musik nda??
    Klo bisa yg khusus piano??Tlg dibales ya bang. Aq butuh banget ni.thx

  24. Mohon maaf, saya tidak tahu banyak tentang universitas di Taiwan yang membuka jurusan musik. Saran saya, silahkan search via link berikut: http://english.moe.gov.tw/ct.asp?xItem=552&CtNode=415&mp=1

    Demikian

  25. Yth. Bpk muntohar, saya pernah mengurus pendaftaran kursus di taiwan, akan tetapi pada saat interview saya di tolak dengan alasan yang tidak jelas oleh pihak kadin Taiwan yg ada di jakarta, padahal semua dokumen saya lengkap dengan penjamin dari keluarga juga lengkap, peraturan lama kita bisa maju interview lagi setelah 6 bulan, tetapi untuk peraturan baru tidak boleh mengajukan sekolah lagi untuk yg pernah di tolak, perlu Bapak muntoha ketahui saya seorang pribumi, tapi saya sangat berminat dengan bahasa mandarin , apakah karena saya berstatus sbg seorang pribumi sehingga pihak KADIN tidak kasih saya visa, betapa Tidak adil nya mereka… mohon petunjuk dari Bpk muntoha agar saya bisa sekolah ke taiwan, terima kasih

  26. Mbak Ayu Yth.
    Response saya kirim via email. Maturnuwun
    Agus — Taipei

  27. assalamu’alaikum pak muntohar
    semoga kabar baik menyertai bapak….selamat pak ya atas kesuksesan bapak, 2.4 tahun menamatkan studi ditaiwan. saya bangga mempunyai dosen umy seperti bapak yang turut mengharumkan indonesia.

    saya sedih jika menyebut indonesia seperti dikuala lumpur bulan lalu, dan alhamdulillah saya observasi mengenai TKI di KL.

    oh ya bapak…mungkin Allah belum memberikan kesempatan kepada saya untuk studi di kampus impian saya NCKU, hari ini pengumuman itu saya baca dan disana tertulis “back Up”, melalui tulisan saya mau tanya kebapak….apa yang bapak sarankan untuk saya…terus terang saya malu dengan kondisi ini mengingat orang tua saya di jambi.

    tapi insaallah tahun saya akan coba lagi….meskipun dalam pendaftaran kemarin lumayan juga biaya yang saya keluarkan…mungkin saya harus beljar lagi..

    oh ya pak mohon doanya ….insaallah saya akan menunaikan sunnah Rasul SAW yakni nikah bulan agustus tahun ini.

    salam hangat

    Mohammed Aziz
    Alumni HI Umy ’06

  28. pak, saya mau tanya, bagaimana mendapatkan beasiswa di taiwan?

  29. Pak Muntohar…..Pak saya mau tanya…bila saya mendaftar program beasiswa di taiwan apakah saya perlu untuk test TOFEL.Saya masih di kuliah S1..kemudian saya ingin dapat beasiswa untuk belajar disana…saya ingin mengambil bahasa mandarin di taiwan pak….berapa NT yang saya dapatkan…dan bagaimana caranya…saya dapat ikut dalam beasiswa bahasa tersebut apa tidak…..kalau ada syarat2 nya bagaimana????dan apakah itu termasuk seluruhnya dan apa saya hutang dengan pemerintahan sana,bila saya dapat beasiswa dari sana…thanks Bpk.Muntohar…
    pak tolong balas di email saya….f3rry88@hotmail.com

  30. pak, bagaimana cara mendapatkan beasiswa ke taiwan?

  31. Pak bagaimana cara mendapat beasiswa ke Taiwan? Universitas pilihan saya adalah NCKU. Status saya sekarang adalah S1, apakah bisa mengambil kembali program bachelor? Informasi yang saya dapat di internet membuat saya pusing tujuh keliling. Pak tolong balas di email saya deepee_chan@yahoo.com
    Thanks before

  32. Assalamualaikum pak, saya Nuring Tyas Wicaksono dari Teknik Fisika UGM. Saya baru saja dikabari bahwa saya mendapat beasiswa dari Yuan Ze University. Masalahnya beasiswa tersebut tidak mencakup biaya hidup seperti makan. Apakah biaya hidup di Taiwan cukup mahal? Apa bapak bisa memberi kisaran biaya hidup di sana? Oh iya satu lagi pak, untuk mengurus visa ke Taiwan itu alamatnya di mana ya? Terima kasih.
    Wassalam.

  33. Pak Muntohar,

    Apakah ada bea siswa buat SMU di Taiwan, anak saya skrg kls 9, dia punya basic bhs mandarin yg lumayan bagus. Brp biaya sekolah SMU di sana. Mhn infonya ya Pak. Thanks.

  34. Dear All,

    Wah mohon maaf kepada semua pengunjung situs. Sejak pulang ke tanah air, saya sudah jarang merawat situs web saya ini. Jadi beberapa komentar tidak langsung dibaca.

    Untuk Ibu/bapak Wiwi, biaya sekolah SD – SMA di Taiwan gratis. Jadi tidak usah khawatir, hanya saja bahasa pengantarnya adalah mandarin.

    Salam,

    Agus SM

  35. tiba-tiba saja saya tertarik dengan taiwan. tiba-tiba juga saya baca blog bapak. tiba-tiba juga saya mo nanya boleh juga dong…
    begini pak, kira-kira di Taiwan ada jurusan Perikanan gak ya? kebetulan sy lulusan perikanan. mhn infonya pak via email ja di kotakami_koeh@yahoo.co.id
    maturnuwun

  36. Pak Muntohar,
    saya baru saja lulus dari s1 ekonomi dengan ipk 3,3.
    saya mau tanya gimana caranya buat dapet beasiswa s2 di taiwan.soalnya kl pake uang sendiri gak cukup.

    terimakasih banyak…..

  37. Terimakasih banyak atas informasinya. Sangat bermanfaat sekali.

  38. Assalamualaikum pak, saya ingin belajar bahasa Mandarin di Taiwan. adakah yang jalur beasiswa?? Mohon infonya

    Terima Kasih

  39. Assalamualaikum Pak Muntohar,

    Saya sudah dapat approved untuk beasiswa dari NSUTS Spring 2009 ini. Artinya tgl 10 Februari ini saya harus brangkat ke Taiwan. Mohon info tentang Asuransi. Apakah kita daftar asuransi di Tanah air atau di Taiwan. Dan berapa besar dana minimal (Premi) yang harus distor? apa ada ketentuannya. Kemudian kalau kita ingin bekerja juga, apa izin harus diurus di Tanah air atao bisa di Taiwan?
    nah, ini yang terakhir, Apa antum punya sampel format Financial Statement?

    Demikian untuk sementara atas bantuannya saya ucapkan terimakasih.

    wassalam

  40. ass,, wr. wb
    – pak saya mo tnya klo mo ngmbil s1 jrusan education sma manajement kira2 univ mna ya yg pling bgus?? Dan bahasa pengantarnya kira2 ap ya? (b. Inggris apa mandarin)
    – klo batas akhir beasiswa bln ap? oia klo mo ngambil s1 (d3 diindonesia tapi mo ambil s1 nya disana) apa harus menunggu boat taon dpan? soalnya disini kita bru slesai d3 skitar bln juni ato juli
    itoe gmn?

    Trima kasih

  41. pk apa ada beasiswa buat pelajar yang baru lulus SMA di taiwan

  42. Assalamualaikum.
    pak, jika saya ingin melanjutkan jenjang S1 untuk mendapatkan beasiswa di taiwan persyaratan apa saja yang harus di penuhi dan kira2 di universitas apa yang membuka beasiswa pada jurusan akuntansi?

    terima kasih.

  43. Ass…. sy ingin menanyakan beasiswa untuk akhir 2010 k Taiwan apakah sudah dibuka? apakah ada untuk bidang farmasi atau kedokteran hewan?

  44. Ass…. sy ingin menanyakan beasiswa S2 untuk akhir 2010 k Taiwan apakah sudah dibuka? apakah ada untuk bidang farmasi atau kedokteran hewan?

  45. ass..
    saya peljar smk,dan ingin melanjutkan sekolah k’taiwan..
    bagaimana cra untuk mendapatkan beasiswa untuk sekolah disana..

    terima kasih.

  46. Assalamualaikum, pak saya tertarik setelah membeca info ini dan sekarang saya sedang menyelesaikan skripsi s1 saya, dan mau tanya..1. beasiswa di taiwan itu juga termasuk biaya hidup atau tidak? 2. apakah akan lebih mudah kalo misalkan saya minta rekomendasi langsung dari salah seorang dosen di sana (taiwan) untuk mendapatkan beasiswa s2 disana? solanya saya akhir desember lalu pernah kesana di Academia sinica taiwan untuk mengerjakan skripsi saya tepatya di taipei dan saya kenal dengan salah seorang dosen NTU kalo gak salah…mohon penjelasanya terimakasih..jazakallahu khoiron…

  47. 3 tahun lagi,saya berencana akan kuliah di taiwan..
    kira2 berapa yach,biaya yang harus saya keluarkan?
    mohon sarannya..
    thanks

  48. selamat malam, sy tertarik untuk menyekolahkan anak saya ke Taiwan. Belum lama ini saya dikirim ke taiwan dari kantor saya, saya bekerja di salah satu bank dari Taiwan yg ada di jakarta.
    Saya melihat negara taiwan adalah negara yg maju di bidang pendidikan. sy ada direferensikan oleh customer saya mengenai sekolah pemerintah yg bernama chinese overseas student. berapa biayanya? sekarang ini anak saya kelas 2 SMP.
    Saya perlu informasinya, terima kasih

  49. gimana, mau mendaftar ke beasiswa ke taiwan , saya sekarang uda semester 7 mau selesai, tp saya mau nyambung ke s2, tapi saya tak ada biaya, mohon bantuan, balas ke email aja ya

  50. Selamat siang mas,

    saya ingin bertanya adakah beasiswa untuk kursus bahasa mandarin di taiwan ? kalau ada bagaimana cara pendaftarannya?
    kalau tidak ada, ada rekomendasi u/ kursus yang biayanya murah tidak mas?

    Terima kasih sebelumnya…

  51. Terimakasih atas info programs ekolah di taiwan, Pak. Nama saya Santi…saat ini saya sudah lulus S1 jurusan teknologi pertanian/pangan dan saya ingin melanjutkan S2 di taiwan melalui program beasiswa. Saya ingin bertanya apakah Bapak memiliki informasi mengenai universitas apa yang menawarkan program beasiswa S2 untuk jurusan tersebut yang bahasa pengantar perkuliahannya menggunakan bahasa inggris, karna saya tidak bisa bahasa mandarin.

    Terima kasih sebelumnya..

  52. It’s a bad line pedo kids
    8-((

  53. Could I have a statement, please? lolita nude petite darlings %-]

  54. Selamat malam, Pak. Saya Meyling dari Jakarta. Saya sudah lulus sma dari tahun 2006 dan sekarang berencana untuk sekolah bahasa di Taiwan. sebelumnya saya tidak pernah kuliah di Indonesia. Syarat2 mengurus kuliah/sekolah bahasa di taiwan apa saja ya, Pak? Apakah Bapak punya kenalan agen yang bisa menolong saya? kalau saya mengurus sendiri, sayan harus menyiapkan apa saja dan harus mengurus dimana? terimakasih atas perhatiannya. mohon infonya yah Pak, ke meyling_cipit@yahoo.com

  55. this is be cool 8) Child Nymphet Thumbnail
    uem

  56. ass,wr.wb
    saya sri, memberanikan diri untuk bersilaturahim dengan pa rasyid semoga menjadi berkah. amin. saat ini sy adalah staff dosen di univ muhammadiyah purwokerto. bulan ini saya direkomendasikan oleh fakultas untuk mengambil S2 keperawatan di National Chengkung Univ. Sebelumnya saya sudah berada di Taiwan selama 2 tahun. beberapa hal yang perlu saya prepare atau sy siapkan dari sekarang kira2 apa ya pa. karena sy tidak bisa mengandalkan untuk “menunggu” apalagi kemungkinan besar kita harus punya rekomendasi dari prfesor di Univ. tersebut. kiranya pa rasyid punya solusi buat saya. trimakasih. wass

  57. Ass wr wb,

    Saya Roza,pak’ saya mau melanjutkan pendidikan s2 ke taiwan dan sedang mencari beasiswa, selain bahasa yg harus dipersiapkan,kira2 apalagi ya pak yang harus saya persiapkan. Apakah beasiswa itu harus dicari via media online atau langsung ke embassy, Apakah kita harus menggunakan surat rekomendasi dari profesor yg dikenal. Mohon penjelasannya.Terimakasih,

  58. salam kenal pak Muntohar. saya februari 2013 akan menjadi sarjana s1 marketing management. kalo saya mau ambil beasiswa jurusan bahasa mandarin di taiwan, apa berarti menjalani s1 lagi atau bisa langsung s2? dan syarat2 toefel yang saya dengar, apakah toefl nasional masi berlaku? trima kasih pak🙂

  59. asslmkm,, salam kenal sebelumnya, klo boleh tau apakah bila kita mengajukan beasiswa maka kita tetap harus memeliki deposit tabungan hingga puluhan juta sbg jaminan bahwa kita bisa survive di negara tsb?

  60. Thank you so much for applying free time to post “Bagaimana Aplikasi Beasiswa Studi@Taiwan
    Mendaki Jalan Nan Terjal Putra Prajurit”.
    Thank you so much once more -Chong

  61. [img][IMG]http://i1273.photobucket.com/albums/y419/BukuBertualangkeTaiwan/sampul_bertualang_zps8c47589f.jpg[/IMG][/img]

    Hallo, Info ya

    Buku Bertualang ke Taiwan

    Terbitan Gramedia

    Beredar di Toko-Toko Buku Kesayangan Anda 20 Oktober 2014

    Bisa Pre Order Disini, Dapatkan TTD Penulis dan Hadiah Menariknya \^o^/

    FB : Buku Bertualang ke Taiwan

    Baca Buku Bertualang Ke Taiwan, Ikuti Petunjuknya,Rasakan Sensasi Petualangannya (^?^)

    Love Taiwan Before, During, and After

    Taiwan is a Beautiful Heart
    Because Taiwan Will Touch you (^?^) ?#?BKT?

    Buruan yah….Xie Xie Ni

  62. assalamualaikum…
    maaf saya ingin bertanya…saya ingin mendaftar beasiswa teto(HES) namun saya masih ada satu kesulitan.saya ingin mendaftar di language centernya tapi saya masih belum memiliki financial statement serta surat kesehatan…adakah language center yang tidak meminta surat financial statement, surat ket kesehatan serta pembayaran di awal sebelum keberangkatan?terima kasih..maaf terlalu banyak bertanya.

  63. Aslam mualaikum
    Pak saya d3 keperawatan ingin melanjutkan s1 ditaiwan
    Tetapi saya bingung maw kuliah dikampus mana
    Apakah bapak bisa menolong saya


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: