Oleh: Abi Ananda Rasyid | Januari 21, 2007

Beasiswa Pemerintah Taiwan


Berikut ini saya ringkaskan informasi tentang beasiswa dari Taiwan.

Jenis beasiswa : Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Taiwan meliputi untuk program strata satu hingga strata tiga

  1. Beasiswa program strata satu (undergraduate) diberikan kepada calon mahasiswa yang memenuhi kualifikasi. Besarnya beasiswa adalah NT$25.000/bulan.
  2. Beasiswa program strata dua (master) diberikan kepada calon yang telah memiliki ijazah strata satu dan memenuhi kualifikasi yang ditetapkan. Besarnya beasiswa adalah NT$30.000/bulan selama dua tahun.
  3. Beasiswa program strata tiga (doctorate) diberikan kepada calon yang memenuhi kualifikasi yang disyaratkan. Besarnya beasiswa adalah NT$30.000/bulan yang diberikan selama tiga tahun.

Perlu diketahui bahwa beasiswa tersebut telah mencakupi biaya SPP (tuition fee), tunjangan hidup bulanan (living cost), dan pengeluaran rutin lainnya (monthly stipend). Dengan demikian beasiswa tersebut lebih sesuai bagi calon yang masih “single” belum berkeluarga.

Aplikasi beasiswa Pemerintah Taiwan ini dimulai bulan January setiap tahunnya dengan menghubungi kantor perwakilan Taiwan di masing-masing negara. Pada tahun 2006-2007 disediakan 500 beasiswa baru dan 588 beasiswa pembaharuan. Untuk Indonesia, silahkan untuk menghubungi Kantor Dagang dan Ekonomi Taipei (Taipei Economic and Trade Office, TETO) yang beralamat berikut:

Lantai 12 (Divisi Pelayanan) dan Lantai 17
Gedung Artha Graha, Jalan Jendral Sudirman,
Kav. 52-53, Jakarta 12190, Indonesia
Jam Kerja Divisi di lantai 17:
09.00 ~ 12.00; 13.30 ~ 17.00
Tel:(002-62-21) 515-3939, Fax:(002-62-21) 515-4626
E-mail: jkt@teto.or.id
Jam Kerja Divisi Pelayanan di lantai 12:
08.30 ~ 11:30; 13:30 ~ 16:00
Tel:(002-62-21) 515-1111, Fax:(002-62-21) 515-2910
E-mail: jkt@teto.or.id

Berkas Aplikasi Beasiswa

Semoga Informasi ini dapat bermanfaat.


Responses

  1. ass..
    pak.. Syaratnya apa aja..? Misalnya nilai TOEFEL? soalnya di TAIWAN SCHOLARSHIPS GUIDELINES.. cuma syarat umum doang..
    mohon dibalas…

  2. Score TOEFL yang disyaratkan min 500. Syarat ini diminta oleh universitas di Taiwan.

  3. ass,,,
    pak, ada syarat ipk minimum atau persyaratan lain kalo mau mendaftar untuk beasiswa s2 ?
    terima kasih

  4. pak……

    syarat2 yang tercantum d lembar aplikasi tersebut bila saya isi

    sekarang untuk permoohonan full-bea siswa s-2 periode 2008 bisa

    atau tdk? sementara saya mengurus surat rekomendasi dan paspor

    krn study saya d atmajaya baru slesai akhir thn ini….jadi data study

    terakhir yg bisa saya sampaikan hanya data SMA krn yg S-1 kan

    belum keluar Pak?kalaupun ada kan masih terbatas sekali….

    kemudian untuk syarat toefl, hsk dibutuhkan min brp?

    bisa saya minta saran bapak mana universitas yang baik bagi saya

    untuk melanjutkan study s-2 saya di bidang ekonomi akuntansi?

    trima kasih atas bantuan bapak….

  5. Silahkan untuk mendaftar setelah selesai S-1. Karena ijazah dan transkrip diperlukan. Secara umum beasiswa memberikan tenggat waktu 1 tahun. Bila diterima untuk tahun 2007, masih boleh postpone 1 tahun ke depan.

    Yang perlu diperhatikan:

    1. IPK > 3 (sebaiknya cum laude)
    2. TOEFL > 500
    3. Dasar-dasar Mandarin (lebih baik lagi—karena untuk komunikasi sehari-hari)
    4. Surat rekomendasi
    5. Study Plan (susun sebaik mungkin, sistematik, dan ringkas-jelas)
    6. Beberapa universitas prefer calon mahasiswa adalah dosen di universitas di Indonesia.

  6. jika saya mahasiswa s1,jurusan design semester 2.ipk semester 1 3,38.apa bisa aply beasiswa untuk s1 d taiwan??
    d kirim k mana form beasiswanya?
    kapan tanggal jatuh temponya?
    lalu beasiswa itu untuk jurusan apa saja dan di universitas mana?

    terima kasih..

  7. guidelinesnya kurang jelas nih… cara2 buat aplly gimana sih…
    from yang diisi cuma form A kan? universitasnya kita mili
    sendiri?

  8. Isi saja form aplikasi A jika apply Taiwan scholarship. Silahkan membaca link-link tulisan dalam blog ini tentang cara-cara aplikasinya.
    xie-xie

  9. Jika menggunakan TOEFL institusional atau preparation dari
    institusi tertentu bisa gak Pak di-submit sewaktu mengajukan aplikasi beasiswa di Taiwan ?

  10. Tidak ada jaminan Institutional TOEFL bisa diterima. Sebaiknya gunakan International TOEFL atau IELTS. Namun, ada beberapa Universitas besar di Indonesia yang diakui oleh beberapa Universitas di Taiwan seperti UGM, ITB, UI.

    Kemungkinan Institutional TOEFL dari UGM bisa digunakan, karena dulu saya memakainya. Namun tidak saya sarankan.

  11. Assalamualaykum.
    Pak Muntohar, saya mau tanya.Apakah Program LEP dan scholarship-nya pemerintah taiwan dapat di-apply bulan juni atau juli 2007 ini? Karena saya berniat mau apply LEP dulu sampai agustus baru apply Garduate Program.

  12. Beasiswa Pemerintah taiwan mulai dibuka januari-akhir maret tiap tahunnya. Tapi kalau mau apply langsung ke universtas taiwan (beasiswa universitas) bisa tiap semester.

  13. Pak mau nanya,
    kalo mau apply beasiswa s2 dengan ipk 2,9… bisa dapat beasiswa ngk ya ?
    Makasih pak

  14. Mbak Merry,
    Saya tidak bisa memastikan apakah bisa atau tidak. Namun sepengetahuan saya, untuk mendapatkan beasiswa itu salah satunya berdasarkan IPK. Universitas di Taiwan prefers kalau calon memiliki IPK > 3.5 (dari skala 4) atau first class honour.

  15. Ass.
    saya alumni stan (sekoalh tinggi akuntansi negara) sekolah kedinasan departemen keuangan, jurusan akuntansi dengan ijasah D-4 atau setara S-1 kalo di Dep keuangan. apakah ijasah yang saya miliki bisa digunakan untuk apply beasiswa taiwan ini?
    mohon penjelasannya.
    terimakasih.
    wass.

  16. Wawan et al

    Silahkan dicoba saja dulu. Di Taiwan ada 2 jalur pendidikan tinggi yaitu umum dan vocational. D4 ini jalurnya vocational. Biasanya mereka dibedakan nomor mahasiswanya dan jumlah matakuliah yang harus diambil. Untuk itu ada baiknya dicoba saja. Syukur kalau pihak STAN bisa memberikan rekomendasi.

  17. ass.
    saya mau nanya, kalo lulus sma mau ngelanjutin ke pt, syaratnya apa aja. terima kasih. wass.

  18. Mbak Nina,

    Mohon maaf, saya kurang tahu tentang persyaratan kuliah S1 di Taiwan. Namun setahu saya, untuk program S1 (bachelor) di Taiwan ini masih dalam bahasa Mandarin sebagai pengantar kuliahnya.

  19. ass.
    saya mau tanya, untuk pemilihan universitas dan fakultas apakah saya memilih sendiri atau pihak pemberi beasiswa yang akan mencarikan?
    jurusan yang ada apa saja?

  20. Mbak Lusi,

    Silahkan buka link ini :
    http://english.moe.gov.tw/ct.asp?xItem=552&CtNode=415&mp=1

    Untuk universitas, pengalaman saya pribadi, memilih sendiri. Kebetulan waktu itu saya sudah kenal dengan Professor dan ditawari untuk studi di Taiwan.

    Demikian.

  21. ass,
    apakah bapak berkenan apabila menghubungkan saya dengan salah universitas di taiwan atau yang lain-nya.saya ingin melanjutkan kuliah s1 jurusan perhotelan. Saya lulusan DIII perhotelan dan sekaran saya sudah bekerja di salah satu perusahaan nasional. ip saya tergolong rendah hanya 29,7 saya ingin bekerja di cruise ship atau melanjutkan kuliah di luar negri.tapi saya minim sekali informasi keduanya.
    atas bentuannya terima kasih

    =andre=

  22. ass….
    Pak, kalau untuk program belajar bahasa mandarin saja syaratnya apa ya? Sy sdh lulus S1 jurusan ‘Sistem Informarsi”. Sy tdk punya background pendidikan formal bahasa mandarin, apakah boleh mencoba beasiswa tipe spt di atas?

    Terima kasih Pak, atas balasannya.

    Xie-xie nin ~ Yanti

  23. Jika ingin belajar mandarin, bisa melalui language center atau mandarin training center yang ada di sejumlah universitas di Taiwan. Namun, beasiswa pemerintah Taiwan kini cenderung untuk program gelar S1,S2,S3. Program S1 ada yg menggunakan bhs inggris sbg pengantar, namun jurusan nya terbatas seperti:manajemen informatika,manajemen. Beasiswa yg hanya untuk belajar bahasa mandarin, tahun lalu ada 3 org dr UI, 2 tahun lalu sempat tidak ada. Setahu saya untuk pengajuan beasiswa pemerintah, surat rekomendasi dan asal institusi jg mempengaruhi selain nilai IPK.

  24. Apa Kabar Mas? Ngimana study di taiwan enak? Salam dari ottawa

  25. ass.
    nama saya retno.
    saya mahasiswa yang akan diwisuda bulan september dengan IPK 3.4.
    adakah kesempatan bagi saya untuk mengikuti program beasiswa taiwan ini.
    bagaimana prosesnya?membutuhkan data apa saja yang diperlukan.
    terimakasih.

  26. Ass,
    Pak, saya mau nanya sebenarnya beasiswa untuk studi s2 di taiwan tahun 2007 itu kapan berakhirnya? Karena setahu saya di internet tidak dituliskan deadlinenya.Pak, apakah bapak punya kenalan profesor di bidang matematika? Saya seorang dosen di universitas sriwijaya. Terus terang, saya mengerti bahasa mandarin, tetapi tidak dapat menulis huruf mandarin. Apakah bahasa pengantar dan buku-buku yang dipakai semuanya dalam bahasa mandarin? Jawaban bapak sangat saya harapkan. Terima kasih.

  27. Ass wr wb,

    saya ingin menanyakan apakah pemerintah taiwan menyediakan beasiswa untuk program dokter spesialis seperti spesialis kandungan,THT atau Neurology.Saya merencanakan untuk 1 tahun yang akan datang.kalau ada,universitas apa yang ada menyediakan program tersebut dan kemana saya bisa kontak.

    Saya sangat membutuhkan informasi tersebut,mohon bantuan informasinya.

    Wassalam.

  28. Ass.

    Saya tertarik sekali untuk beasiswa keluar negri, sekarang saya aktif sbg mahasiswa Universitas Bung hatta Padang Prodi Pendidikan bahasa Inggris. Kira-kira ada tidak beasiswa untuk jurusan bahasa inggris di negara berbahasa inggris, IP semestr 1 saya 4,00. Dan sekarang saya smstr 3. trima kasih..

  29. Kalau buat anak lulusan sma gimana? syarat2 nya?
    Tolong dikasih tau dong.. Thanks

  30. Selamat ASiang Bapak/Ibu

    Setelah saya membaca Website Beasiswa taiwan dengan ini saya ingin minta informasi tentang cara pengajuan bantuan beasiswa :

    Saya Yang bertandatangan dibawah ini :

    Nama : Marnis wanji
    Pendidikan : SMU N I Simeulue ( Tahun 2001)
    Hp : 081362443118

    Sehubungan dengan maksud saya diatas dengan ini saya sangat mengharapkan agar Bapak/ Ibu dapat membantu saya untuk saya bisa meningkatrkan pendidikan saya ketingkat Universitas.

    sebagai informasi tentang saya :

    saya telah beberapakali ( semenjak tahun 2001 s/d sekarang ) saya berkali-mengajukan bantuan pendiddikan ke tingkat strata satu namun belum terwujud. dan keinginan saya untuk meningkatkan pendidikan ketingkat universitas sagat tinggi tapi berhubung kondisi ekonomi keluarga saya dipulau simeulue tidak memungkinkan untuk saya melanjutkan pendidikan ketingkat universitas. melalui email ini saya sagat mengharapkan agar beasiswa taiwan dapat membantu saya dan mewujutkan cita-cita saya yang tertunda selama ini .

    Demikian permohonan saya ini besar harapan saya Bapak/Ibu dapata membantu saya.

    Hormat saya

    Marnis wanji

    Hp.081362443118

  31. minta informasi untuk cara dan syarat pengajuan beasiswa s1 ke taiwan, makasih

  32. Ass Pak!
    Saya udah tamat S1 Matematika. Apa saya bisa daftar dan Mendapatkan beasiswa S.2 Matematika di Taiwan. Syarat-syaratnya apa bisa dikirim lewat email n kapan terakhir pengirimannya?
    terima kasih

  33. pak muntohar saya mau tanya…td saya udah apply ke form A tp kok ga bisa ya?sebenernya untuk mendapatkan beasiswa strata 2 tu caranya gmn pak? tolong saya dipandu untuk cara2nya….makasi pak

  34. Aslkm pak. saya mahasiswi s1 hub.Internasional. Aplikasi beasiswa Pemerintah Taiwan kan dimulai bulan January setiap tahunnya. nah tuk program beasiswa Taiwan 2008 nanti apakah masih ada dan kapan deadlinenya?Tuk beasiswa S2, apakah ada jurusan yang berkaitan atau tidak jauh dengan jurusan saya di S1?dan b. pengantarnya apakah full dg menggunakan b.mandarin?syarat2nya apa saja tuk daftar?dan dikirim kemana?.mohon informasinya.dan mohon dikirim ke alamat email saya juga : fifinela_fossetta@yahoo.co.id. xie-xie

  35. ass.
    saya mau nanya, kalo pengajuan beasiswa Taiwan 07 msh ada ga?syaratnya apa aja. terima kasih. waslkm…

  36. pak pengajuan beasiswa strata 2 cara2nya gmn ya?mohon bapak memandu karena saya ingin sekali mendapat beasiswa ke Taiwan….xie2

  37. saya berkeinginan sekali melanjutkan pendidikan S2 di taiwan tahun 2008 ini, tapi toefl saya kurang dari 500. IPK saya 3.39. apakah bapak bisa bantu saya memberikan informasi agar saya bisa mendapat kursus gratis untuk bahasa inggris dan mandarin terlebih dahulu.

  38. Kursus TOEFL banyak diselenggarakan oleh universitas di Indonesia dan Lembaga Bahasa Swasta. Silahkan pilih sendiri lembaga mana yang sesuai. Setahu saya tidak ada kursus Bahasa Inggris atau Mandarin yang gratis. Saya sendiripun harus mengeluarkan dana dari kocek sendiri untuk test TOEFL. Selamat mencoba.

    Agus SM

  39. ass, sy sementara mengikuti kul S2 di Unhas, jurusan farmasi tapi tertarik untuk ke Taiwan, apalagi klu dpt beasiswa, apa bisa tranfer dr Universitas hasanuddin (makassar, sulsel) dan tetap dapat beasiswa ?

  40. Mbak Fitri Yth,

    Saya kurang tahu bagaimana cara transfer SKS. Yang saya tahu adalah jika ada MOU antara Unhas dan universitas di Taiwan maka transfer bisa dilakukan.
    Untuk beasiswa bidang farmasi di Taiwan masih menggunakan bahasa Mandarin. Untuk program S2-S3 yang menggunakan bahasa Inggris silahkan buka posting saya sebelumnya.
    Terima kasih

    Salam

  41. Saya PNS Guru dan sebelum jadi guru pernah ke Taiwan dalam rangka Job training Young Enterpreneur. Setelah pulang dari Taiwan melanjutkan belajar di Indonesia S1. dan sekarang saya ingin melanjutkan S2 saya ke Taiwan karena kesan selama saya disana menyenangkan. Apakah ada beasiswa S2 untuk Sejarah? Univ Mana ? dan Cara mendapatkan beasiswa gimana? Tapi IP saya 2,9 saja. Terimakasih

  42. dear all

    gimana ma semua persyaratannya?pa kami yang berada jauh dari kantor perwakilannya harus kesana juga?pa bisa kalau dikirimkan ke email langsung?

    Saudara Iqbal Yth.

    Alhamdulillah, beberapa universitas sudah mulai melayani online application seperti NTUST, NCTU. Untuk persyaratan silahkan telusuri blog ini. Syukron.

    Agus

  43. Saudara Rahman Yth.

    Allah SWT adalah Tuhan Semesta alam yang Maha Pencipta Alam beserta isinya. Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Pengasih. Kasihnya bisa diberikan kepada siapa saja yang Dia inginkan dalam wujud kesejahteraan dll.
    Apakah Saudara tahu persis kalau perbuatan mereka berkenan dihadirat Allah SWT? Tidak kan. Dalam Islam, hanya orang-orang yang beriman kepada Allah Dan Rasuln-Nya yang memperoleh ridho atas amal-amal perbuatannya. Zakat fithrah hanya dikenal dalam Islam. Jadi istilah saudara ini kurang tepat jika digunakan untuk mengatakan orang diluar Islam berzakat fithrah karena mereka tidak mengenalnya.

  44. Pak Muntohar, saya masih agak bingung nih dengan beasiswa ini. karena guideliness lumayan kurang jelas. Kalau saya yang berdomisli di Sulawesi Utara apa ada representative untuk wilayah timur? bagian paling dekatnya apa? KArena paling tidak saya perlu info2 sejelas mungkn…

    Xie xie

  45. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Sy alumni FE UMY. Utk tahun 2008 ini, sy coba apply beasiswa Master di Asia Uni. yang ingin sy tanyakan:
    1. Sebaiknya surat rekomendasi itu, kita minta kepada siapa? (sy pernah dengar min doktor lulusan luar negri atau minta ke Pak Rektor)
    2. Tolong pak, bgmn cara buat Studi Plan yang baik. Batasan2nya apa saja, apa yg hrs kita tulis.
    Matur nuwun
    Wassalam

  46. Mas Sigit Yth.

    Alhamdulillah, ada alumni yang tertarik studi di Taiwan. Saya sarankan untuk ambil S2 di universitas negeri (national …. university), karena jelas akreditasinya. Mas Sigit bisa apply MBA ke National Central University (www.ncu.edu.tw), Pak Rektor pernah berkunjung ke universitas tersebut. Menjawab pertanyaan mas Sigit:
    1. Silahkan minta surat rekomendasi dari Pak Rektor, jika apply beasiswa pemerintah Taiwan atau DPU minta rekomendasi dari PP Muhammadiyah (minta pengantar dari Pak Rektor).
    2. Coba mas Sigit buat dulu Study Plan, terus forward ke email saya. Insya Allah bisa saya cek.

    Demikian, semoga berhasil.
    Salam
    Agus SM-Taipei

  47. Sebenarnya sy pernah coba NCU pak tahun 2007 lalu, sy ambil jurusan MIS tp gagal. Apa karena byk saingannya ya pak? Sy daftar AU krn mengejar deadline beasiswa DIKTI yg berkas pendaftaran max. 30 maret. Sementara Univ lain di Taiwan, Pengumumannya setelah bulan Maret. Tahun 2008 ini sy akan coba lagi ke salah satu universitas negeri disana. Sy sdh niatkan bhw sekolah S2 di luar negeri merupakan suatu kewajiban.
    Btw, sy belum tahu email bapak. Sy sdg susun studi plan, mohon bantuan bapak.
    Autobiography apakah sama dgn CV pak?
    Trimakasih

  48. sy dr lombok,semua org pasti tahu gmn ekonomi lombok.sebagian besar penduduknya mengharapkan hasil tani.sehingga tdk sedikit dr org lombok mengeluh dalam membiayai anaknya sekolah.dari ini sy mau tanya tentang beasiswa atau kuliah gratis terutama ke luar negeri untuk melanjutkan ke jenjang s1.karena saya pribadi tidak mau keterbelakangan dunia pendidikan.informasinya saya tunggu.harap secepatnya.

  49. Terima kasih atas pesan Bapak. Email balasan sudah saya kirim melalui email Bapak.

  50. Ass..pak stiap mlht kmntar tmn2 ataupn artikel
    bpk tntg study di taiwn hati saya terharu tp ada
    prsaan iri.Krn wlpn lma diTwn sy blm pnya ksmptn
    kuliah wlpn kemauan sya krs.Bung saat ini sya krj
    diagensi jd penterjmah.bhsa mndrin Alhmdulillah
    80%lisan dan tulis dah bisa.Bung..bisa ksh srn sya
    bgmn dan apa yg hrs saya lakukan,saya pengin skli kuliah.saya hnya llus SMA.saya tggu di email saya.trims

  51. Selamat malam…
    Boleh ikutan numpang tanya yaa ?
    Awal tahun 2008 ini sebenarnya saya sudah mempersiapkan semua persyaratan untuk apply beasiswa taiwan S1. Tapi ternyata terhenti karena dari pihak universitas di Taiwan ada syarat yang meminta semacam surat jaminan sebesar $2500. Berhubung tabungan saya nggak sampai sebesa $2500, saya memutuskan untuk apply lagi tahun depan. Mungkin Bapak bisa memberi saya penjelasan ? Bagaimana kalau saya tidak bisa menyertakan surat jaminan itu ? Thanks..

  52. ass. pak…
    saya mau tanya… kalau mw mengambil s1 di taiwan kira2 hal apa yang harus saya persiapkan dari sekarang yah pak?? xie…
    wass.

  53. Pak, salam kenal, sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas infonya.
    Saya mau tanya saya adalah S1 arsitektur, saya ingin melanjutkan S2 di taiwan, di bidang lain seperti MBA program atau sekolah bahasa dengan biaya scholarship, apakah bapak ada saran University mana yang menyediakan english taught program yang sesuai dengan salah satu program tersebut?
    Saya tidak terlalu bisa bahasa mandarin namun adakah sarana di taiwan di mana sambil kuliah sambil les bahasa juga?
    tolong infonya dikirim via email saja..
    Terima kasih banyak pak atas waktu yang diberikan untuk membaca uneg2 saya ini🙂

  54. pak, salam kenal, sebelumnya saya mau ucapin trimak kasih atas infonya.
    saya mau nanya soal sekolah bahasa di taiwan, kira2 universitas mana yang bagus kalau di taipei punya. trus saya mau nanya lagi ni bapak pernah denger agen everyday mandarin gak? soalnya kemaren sempat nanya2 disana, cuma saya takut dibohongin. tolong infonya dikirim via email aja….
    terima kasih banyak pak atas waktunya.

  55. Salam Hormat,
    Saya ingin meminta informasi tentang bagaimana cara mendapatkan beasiswa pada jenjang Diploma 3. Karena Saya saat ini masih menjadi Mahasiswa Semester 1 di Politeknik Negeri Malang, dan saya begitu membutuhkan bantuan untuk meringankan beban orangtua saya.

    Terimakasih,

    Bhimo Cahyo N

  56. informasi untuk jenjang doktoral dong?
    terimakasih

  57. assalamualaikum…? maaf pak nimbrung mau tanya masalah beasiswa di taiwan yang tuk S-1,

    saya blajar mandarin dari bibi saya yang pernah kerja di taiwan, alhamdulillah skarang udah agak lancar & skarang saya jadi asisten guru mandarin di TK, sebagai penterjemah mandarin.
    apakah saya bisa mendapatkan beasiswa kalo syarat beasiswa tuk kul di taiwan selain TOEFL apalagi yach pak, mohon informasi persyaratan beasiswa kuliah di taiwan atau download keterangan lengkapnya dimana…? untuk lulusan SMK

  58. Silahkan untuk membuka informasi dalam blog saya ini. Semua informasi beasiswa Taiwan sudah saya berikan.
    Terima kasih

    Agus

  59. Assalamu’alaikum wr wb

    Pak Agus, saya minta ijin untuk memasukkan informasi ini ke website FORMMIT. Terima kasih sebelumnya, Pak🙂.

    Wassalamu’alaikum wr wb

  60. OK! Mbak Bunga. Sukses ya..

  61. Selamat sore pak,
    Sy ingin bertanya, bagaimana cara apply LEP dari pemerintah Taiwan?
    Sy berencana ingin apply beasiswa LEP dulu, kemudian setelah dapat&lulus baru apply buat S2 ny ..
    Tp di Form application ny gak ada pilihan beasiswa LEP ..
    Mohon pencerahannya ..

    Terima kasih

  62. Siang pak, saya ingin bertanya.
    Saya mahasiswa yang baru saja lulus dan akan wisuda pertengahan tahun ini. Saya merencanakan untuk apply scholarship pemerintah taiwan namun saya belum memiliki ijazah, saya hanya memiliki Rangkuman Hasil Study saja. Apakah boleh pak?
    Lalu, mengenai pendaftaran Univesitas yang dituju. Apakah akan dilakukan oleh pihak pemberi beasiswa? atau saya yang mendaftar sendiri?

    Terima kasih

  63. Assalamualaikum, Pak. Selamat siang.

    Perkenalkan, nama saya Farrah. Saya berminat untuk mengajukan beasiswa S2 ke Taiwan. Saya diminta untuk mengumpulkan CV. Bagaimana format CV yang baik agar dapat lolos seleksi? Kalau boleh, saya ingin lihat contohnya. Saya juga ingin minta tolong Bapak untuk mengkoreksi study plan saya. Mohon balasannya via email. Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Kategori

