Oleh: Abi Ananda Rasyid | Januari 20, 2007

Gempa Yogya 2706


Gempa yang menggoyang Yogyakarta 27 Mei 2006 lalu telah mendapat perhatian dunia. Akupun diutus oleh Taiwan, untuk bergabung dalam Reconnaissance Team yang dibentuk oleh NTUST untuk menggali data dan observasi kerusakan-kerusakan akibat gempa tersebut. Tim bekerja tak kenal lelah mulai dari jam 07.30 hingga 24.00 WIB. Seluruh pelosok daerah gempa ditelusuri. Berdasarkan hasil observasi dan pengukuran yang dilakukan tim selama tanggal 10 – 15 Juni 2006, diketahui bahwa kondisi tanah wilayah Yogyakarta adalah tanah jenis lunak (soft soil). Untuk itu perlu mendapat perhatian serius oleh para konstruktor dalam mendesain gedung tahan gempa.

bantul-litology.png

Gambar 1: Litologi area Bantul

Micrometry

Gambar 2: Topografi dan pengukuran Micrometry, serta respon tanah terhadap gempa

Laporan tentang aspek-aspek geoteknik dapat dibaca melalui link berikut: Geotechnical Aspect Report dan Yogyakarta EQ Presentation (maaf dalam bahasa Inggris).

Semoga bermanfaat.


Responses

  1. Salam kenal Pak, saya praktisi struktural. laporan gempa Yogya tsb saat ini tidak bisa diakses. ada data riwayat percepatan tanahnya ngga ya disitu? di sini (Indonesia) sulit mendapatkan data tersebut, kalo data gempa luar bisa dengan mudah didapat (open). mohon bantuannya karena saya sedang belajar. terimakasih.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: