Oleh: Abi Ananda Rasyid | April 12, 2007

Buku Mekanika Tanah


Alhamdulillah, setelah menulis buku ini sejak studi master lalu hingga kini juga tengah dalam proses penyuntingan, beberapa bab dari Buku Pengantar Rekayasa Geoteknik bisa diselesaikan. Buku ini ditulis berdasarkan referensi-referensi dari jurnal dan hasil penelitian penulis sendiri. Beberapa hasil penelitian terkini yang dipublikasikan pada jurnal juga disajikan sebagai referensi penulisan. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan update terhadap khasanah ilmu mekanika tanah.  Insya Allah, sepulang dari Taiwan, buku ini bisa dirampungkan dan dicetak dengan baik.

Cover Buku: Cover
Contoh Bab: Sample Bab

Responses

  1. Ass………….
    Waduh… pa, saya beli dong….???
    terus terang buku mekanika tanah di Referensi UMY ubtuk mekanika Tanah.. masih yang lama.. atau edisi revisi dari buku2 lama.. kira2 bisa pesan ga?

    best Regards
    Ario Muhammad (Almuhandis)…

  2. Oh iya pa.. sekalian ijin.. promosi buku bapak di weblog saya….
    syukron…

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu, senang bisa menemukan blog ini, saya bekerja sebagai civil & structural engineer pada salah satu perusahaan asing di indonesia, kepingin banyak belajar dari anda… terutama tentang geoteknik, karena saya sebagai civil & structural engineer juga haru bisa menangani pekerjaan geoteknik.

    salam
    badar

  4. Salam Mas Badarudiin

    Semoga kita bisa saling mengisi dan membantu.
    Selamat berkarya.

    Salam

    Abi Ananda-Rasyid

  5. Dear Abu Ananda Rasyid,
    Saya ada beberapa pertanyaan yang masih sering membuat saya ragu dalam mengambil suatu keputusan, mohon pencerahan :
    1. Saat mendesain pondasi mesin (turbine or reciprocating mechine), pada bukunya bowles ada rule of thumb yang menyatakan kalau berat pondasi harus 2.5 s/d 4 kali berat mechine, mohon pencerahan dasar dari rule of thumb ini?
    2. Saat melakukan pekerjaan piling pada daerah existing pabrik, maka saya sering sering menghadapi permasalahan pembatasan getaran rambatan terhadap existing plant, punya referensi atau code yang berhubungan dengan hal ini.

    salam

    badar
    (abu aisya)

  6. Bapak Badaruddin,

    Silahkan membaca tulisan saya tentang dampak pemancangan tiang dalam blog ini juga. Semoga bermanfaat

    Salam

  7. Ass. War. Wab. Pak Muntohar Yth.
    Saat ini saya sedang dalam proses transfer knowledge dari kakak saya ke saya dalam hal pekerjaan bor tanah.
    Usaha kakak saya ini sudah lama berjalan, sedangkan saya sendiri ber-background ekonomi. Kira-kira untuk mengetahui konsep pengeboran (mekanika tanah), buku apa yang bisa saya baca, agar saya bisa memahami konsepnya dan juga mesin bor hydraulic merek apa yg sangat di rekomendasi?.

    Salam,
    Fachruddin S+

  8. Bapak Fachruddin Yth.

    Buku yang khusus tentang pengeboran tanah biasanya dalam bidang Teknik Geologi. Sedangkan bidang teknik sipil biasanya hanya bor dangkal saja (~20 m). Silahkan membaca buku Mekanika Tanah karangan Bowles (1986). Dalam buku itu ada sedikit tentang penyelidikan tanah. Tentang mesin bor hydraulic, saya tidak bisa pastikan merk-nya. Laboratorium Mekanika Tanah UMY, mendesain bor mekanis sendiri kemudian kita serahkan ke pabrik di Bandung. Demikian.

    Salam

  9. bagaimana cara untuk mengolah tanah yang telah diboor . sedangkan yang sudah ditest dalam laboratorium hanya itu saja

  10. saya mahasiswa di banjar baru kalimantan selatan jurusan teknik pertambangan diUNLAM saya msih bingung gimana sich supaya prmboran intu efekti n efisien digunakan….

    salam

  11. saya juga mau pesan karena di kalimantan sulit cari buku masalah mekanika tanah…. karena diperkuliahan sangat diperlukan…..

    tolong banget ya pak….

  12. Mas punya Ebook bukunya bowles g? soalnya di tempat saya carinya susah heheheheh……


Berikan Balasan

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

