Oleh: Abi Ananda Rasyid | Maret 22, 2007

Kuliah di Taiwan


Berkaitan dengan banyaknya QA tentang beasiswa untuk sekolah di Taiwan, berikut ini saya copykan informasi dari sahabat yang mendapat beasiswa dari Pemerintah Taiwan. Semoga cerita pengalamannya bisa menjadi tips untuk meraih Master atau Doktor. (Saya sendiri siihhh… hanya dapat beasiswa dari kampus, Alhamdulillah cukup untuk makan, beli laptop, pulang ke Indonesia tiap semester, dll).

Beasiswa Kuliah di Taiwan

Beberapa tahun belakangan ini, Taiwan mulai terbuka dengan sistem pendidikkannya dengan membuka program-program internasional yang sebagian atau seluruhnya menggunakan English sebagai bahasa pengantarnya. Dari tahun ke tahun semakin banyak mahasiswa internasional yang kuliah di sini. Hampir semua jurusan dibuka untuk mahasiswa asing, meskipun ada beberapa matakuliah hanya ditawarkan dalam bahawa mandarin. Bahasa Mandarin dalam hal ini bisa dianggap sebagai momok maupun sebagai opportuniti sebagai competitive advantage. Bahasa Mandarin banyak prediksi diungkapkan kl bahasa ini akan menjadi bahasa kedua seiring berkembangnya bisnis China menjadi raksasa ekonomi dunia, bahkan sekarang udah mengeser Inggris.

Untuk belajar ke Taiwan, ada beberapa kesempatan beasiswa:

  1. Taiwan Government Scholarship. Kuota beasiswa ini untuk sementara tiap tahunnya kurang lebih 7-9 orang (sy ngak tahu dasar penentuannya), untuk undergraduate, master, dan Ph.D degree. Untuk tahun kemarin (2006/2007) masing2 per bulan sebesar NTD25,000 untuk undergraduate dan NTD30,000 buat master&PhD degree. informasi selanjutnya bisa dibuka www.studyintaiwan.org dan www.teto.or.id


Cara pendaftaran beasiswa ini.

Pendaftaran beasiswa ini melalui KADIN nya Taiwan yang ada di Jakarta ato TETO (Taipei Economic and Trade Office). Pendaftaran dibuka biasanya antara akhir pertengahan januari-maret awal. Pada prinsipnya beasiwa ini terpisah dengan universitas yang didaftarnya, belum tentu memperoleh beasiswa meski admitted di universitas, dan sebaliknya. Persyaratannya (harap dikonfirmasi lagi):

1.       Ngisi formulir beasiswa Taiwan Government Scholarship (TGS). Form ini tersedia di TETO ato dapat di download di http://www.edu.tw/EDU_WEB/EDU_MGT/BICER/EDUANDY001/english/TS_intro.htm?open

Kalo ngak mau meningat-ingat ato lupa, search aja di google.com dengan key word: Taiwan government scholarship

2.       Ijasah dan Transkrip pendidikan terakhir.

3.       TOEFL Score/English proficiency score

4.       Chinese proficiency score (bagi yang ngambil bidang/jurusan dengan pengantar bahasa Chinese)

5.       Surat Rekomendasi (jika tersedia), baik atasan, professor, pemuka masyarakat di Indonesia

6.       Admission letter dari universitas yang dituju (ini bisa menyusul, jika pada saat pendaftaran beasiswa masih menunggu pengumuman admission dari univ)

Pendaftaran ditujukan ke TETO:

Taipei Economic and Trade Office in Indonesia
Lantai 17 Gedung Artha Graha, Jalan Jendral Sudirman,
Kav. 52-53, Jakarta 12190, Indonesia

Tel:(002-62-21) 515-3939, Fax:(002-62-21) 515-4626

Personal Contact: Mr. Rudi Tan (kalo belum ganti)

  1. University Scholarships. Beasiswa ini dikelola langsung oleh universitas dan besarnya bervariasi tergantung universitas yang bersangkutan, tetapi biasanya mencover tuition fee, dormitory, dan ditambah uang saku NTD10,000 per bulan. Dalam kasus tertentu, banyak professor yang memberi beasiswa secara pribadi (dilibatkan proyek tertentu). Daftar universitas dan informasi selanjutnya bisa dilihat di website www.studyintaiwan.org
  2. Democratic Pacific Union. Beasiswa ini besarnya sama dengan beasiswa pemerintah dan informasi selengkapnya dapat dilihat di www.dpu.org.tw. Beasiswa ini jarang yang tahu, karena memang pendaftarannya langsung ke Taiwan dan tidak ada pengumummannya di Indonesia (setahu saya)

TIPS CARI SEKOLAH di TAIWAN

  1. Pastikan dulu jurusan ato topik riset yang anda minati. Semua jurusan tersedia di Taiwan, cuma masalahnya, jika tidak menguasai mandarin, apakah program itu ditawarkan dlm english ato tidak. so, pastikan dl dgn bertanya ke univ yg bersangkutan, by email ato tanya Indonesian yg ada di kuliah ato pernah kuliah di sana.
  2. Note: selain itu, misalkan tersedia banyak pilihan, dan ingin mempertimbangkan berdasarkan rangking, itu sah2 saja. Ranking yg tersedia skrng baru mengambarkan secara umum smua jurusan. Seharusnya juga perlu ada khusus per bidang, sehingga tidak begitu menyesatkan. Meski ranking itu udah mengambarkan kebijakan n resourse yg dipunyai oleh univ tsb, n tentu saja reputasi.
  3. Setelah itu untuk bs memperbesar kans diterima, hubungi professor yang diminati. Hal ini biasanya di webnya tersedia faculties n jg daftar topik riset dr professor td. beberapa kasus, ada temen yg menyodorkan skripsi ato risetnya waktu di S1/S2. Jadi tidak ada salahnya mencoba sodorkan skripsi waktu S1/S2 jika lom punya ide lain.
  4. Langkah berikutnya, daftar ke univ dengan melampirkan rekomendasi dari prof tadi. Clue lagi: rekomendasi profesor2 dari indo jg mendukung skali untuk memperbesar kemungkinan diterima.
  5. Tanpa 4 di atas sebenarnya bisa lancar2 saja dengan catatan, secara administrasi (IPK, TOEFL, GMAT, etc) bagus.
  6. Trus bagi yg perlu beasiswa (aq pikir, hampir smua Indonesian suka yg namanya beasiswa, baik yg kaya or miskin, ngakunya smua miskin, hehehhe) bisa dilihat di artikel bawah di atas.

Semoga informasi di atas bermanfaat dan kita bersama-sama memajukan pendidikkan Indonesia.

Suyanto

MBA Program

College of Management, National Taiwan University

Email: s.suyanto@yahoo.com   HP: +886 95702 6838


Responses

  1. Asw. Sy A Pou mahasiswa P.S. Cina. mau tnya yx. sy bingung banget, di kampus da pengumuman beasiswa TETO, jd mahasiswa P.S.Cina bisa dapt beasiswa belajar bhs. Cina di Taiwan slama satu thn. masalahnya sy bingung harus memilih universitas di Taiwan. sy hrs k program ap yx? pa lgs dftar ke dept of chines literature atau pa? intinya sih sy mo tnya teknis daftar k universitas Taiwan, tp ga ngerti caranya . he..he..af1 klo ga bbobot ptnyaannya. syukron

  2. Saya baru lulus S1-Hukum di UNTAR Jakarta dan saya tertarik untuk mendapatkan beasiswa study di Taiwan. Saya bingung dalam mencari univ S2-hukum di Taiwan yang bagus yang mana dan dimana letaknya. Terus TOEFL-nya perlunya yang International ya? Dokumen kita (transkip nilai, surat rekomendasi, dll) perlu di translate ke dalam bahasa Mandarin gak? Terus di Taiwan kita harus mencari univ untuk kita belajar dan kursus mandarin di college gitu ya?
    Tolong dibalas ke Emailku ya:phiau-phing@hotmail.com. Saya benar2 membutuhkan. Terima Kasih.

  3. Sisil… sy mahasiswa atmajaya masih kuliah c.. sy mo coba beasisiwa ke taiwan, kapan deadlinenya ya? Sy bisa telepon no yang ada di web ga? makasih ya….

  4. Silahkan untuk dicoba saja yahh…

  5. mas.. mo nanya info ttg belajar/ les bhs mandarin ke taiwan serta info ttg agent yg bisa ngurus sekolah ke taiwan …makasih

  6. Assalamu’alaikum wr.wb.
    salam kenal sy jannati,sy tahu bpk dr bang yordan gunawan, sy baru lulus s1 hukum uns solo & bminat lanjut kuliah di taiwan dg beasiswa (government).

    pak boleh sy dpt info seperti yg ditanya phiaou-ping:
    1. sertifikat toefl utk internasional?nilai min?
    2.transkip nilai, surat rekomendasi, dll perlu ditranslate ke dalam bahasa Mandarin/english saja?
    3.universitas2 dg program s2 hukum di taiwan bisa didapat dari mana infonya/ada dimana saja pak (yg mmbuka to mhasiswa asing)?
    4.utk rekomendasi bgaimna harus mmulainya pak?hubungi prof di indo trus harus bgaimana/apa yg disiapkan(dokumen, surat pernyataan, foto dll)?biar sukses kiat2nya?
    5.pake test/wawancara?kalo ada,apa saja materi ujiannya?
    6.biaya mgurus2 beasiswa yg hrus dg budget pribadi apa saja ya pak?

    email saya joshin_sakura@yahoo.co.id
    ditunggu jawabnnya nggih pak…kalo ada pertanyaan lagi sy hubungi lg boleh ya..
    terimakasih banyak sblmnya.
    wassalamu’alaikum wr. wb.

  7. Insyaallah…jika semua lancar saya juga ke NTUST, beasiswa dapat NTD 10.000, semula sebelum baca blog ini aku sempat bimbang…cukupkah, tapi ternyata kata bapak cukup juga…Alhamdulillah

  8. pak muntohar salam kenal
    saya berencana melanjutkan studi ke taiwan, skr saya masih kerja dan dalam persiapan toefl. apakah bisa kita menghubungi prop2 yg disana supaya pas kita daptar kita sudah dapat rekomendasi dari beliau. terima kasih

  9. Slam knal,bgni sya direkomendasikan oleh kakak sya yg bekerja ditaiwan untuk kuliah dsna tpi yg sya bgung apakah bsa mengambik beasiswa penuh untuk s1 krna sya msih ragu untk mengambilx krna skrg sya msih kerja dsni . . .

  10. Mhon blz demail sya trima kasih sebesar besarx

    • Slam kNl…

      sY iNgn k Taiwan kuliah…
      tP sY mxH gx Gn jLx inFo ya..

      mHn email or facebook sY…
      babibubebo_milo@yahoo.com

      Trima kxH bYk

  11. Salam kenal y :)
    mau tanya donk..
    Saya masih kuliah S1 di Bandung, tapi nantinya pengen ngelanjutin s2 di luar..
    awalnya sih mw ke China, tp denger2 Taiwan lebih bagus bahasanya ya di banding china? (Bener nggak sih?)
    Kalau boleh tau, universitas bisnis paling bagus di Taiwan apa ya? trus cost of living disana gmn?
    Thx sebelumnya.. :)

  12. permisi saya mau tanya tentang beasiswa ke taiwan itu caranya gimana ya? apakah di jogja ada agent yang bisa membantu menguruskannya?


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: